Cara Memulai Zerowaste Living

24 Januari 2020 19:18 WIB

Setidaknya ada 71,3 ton tumpukan sampah di Indonesia pada tahun 2025. Tahukah womanblitzer, mengaplikasikan gaya hidup zerowaste mampu menekan sampah yang dikeluarkan. Lalu, apa sih yang diperlukan untuk menekannya?

Berikut adalah langkah-langkahnya

Tumbler/botol air minum

Setidaknya, ada satu juta pembelian botol plastik dalam satu tahun. Jika angka tersebut tidak ditekan, maka pada tahun 2021 sampah ini akan naik sekitar 20%. Jangan sampai lupa membawa tumblernya ya!

Toples kaca

                Penyimpanan makanan seperti kacang-kacangan, pasta, gula, dll sebaiknya disimpan di toples kaca.  Meskipun ringan, toples plastik masih berpotensi menjadi sampah kedepannya. Menurut Sustainable Waste Indonesia, kurang dari 10% plastik terdaur ulang, dan lebih dari 50% terbuang di TPA.

Totebag

                Menurut data yang disampaikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Greeneration Indonesia, penggunaan kantong plastik oleh perorangnya mencapai angka 700 kantong per-tahun. Jadi, penggunaan kantong plastik harus lebih bijaksana lagi. Selain mudah dimasukkan kedalam tas, totebag sangat membantu dalam mengurangi angka naiknya penggunaan kantong plastik.

Reusable straw/sedotan yang dapat dicuci ulang

                Semenjak tren stainless steel straw marak, banyak sekali opsi sedotan-sedotan yang dapat dipilih. Bisa dari bamboo, atau yang berbahan silicone agar dapat dilipat dan disimpan dengan mudah.

Sapu tangan

                Membawa sapu tangan sendiri mampu menyelamatkan hutan yang menjadi habitat satwa liar di Sumatera. Dikutip dari WWF, setidaknya ada 7 hektar hutan yang dibabat untuk Hutan Tanaman Industri (HTI), salah satu produk yang dihasilkan adalah tisu.

Bulk Shop/Pasar Tradisional

 Sebelum berbelanja, jangan lupa untuk membawa wadah belanjaan sendiri ya, womanblitzer! Terutama saat berbelanja daging. Plastik yang digunakan membungkus daging-dagingan seperti ikan, ayam, daging sapi tidak akan terpakai lagi karena kotor.

 

Hal-hal ini dapat membantu anda memulai kehidupan zerowaste. Mulailah sebisa mungkin, tidak perlu langsung mempraktekkan kesemuanya. Yang terpenting adalah konsistensi dalam melakukannya setiap hari. 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz