Berencana traveling saat Ramadhan? Perhatikan hal berikut ini

11 Mei 2019 14:53 WIB

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Kita akan diwajibkan untuk berpuasa selama kurang lebih 13jam sehari, namun hal ini bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan bukan?

Mungkin anda berencana untuk berpetualang atau melakukan traveling bersama keluarga? Ada banyak negara yang bisa menjadi tujuan saat traveling di bulan puasa ini, mulai dari negara tetangga seperti Singapore, Malaysia, bahkan Turki, Korea Selatan, Jepang, hingga Arab Saudi.

Nah buat yang sudah memiliki rencana untuk berpetualang ke luar kota atau luar negeri, ada baiknya simak tips berikut ini seperti dilansir dari Have Halal Will Travel.

1. Pilih destinasi yang tepat

Pemilihan destinasi merupakan kunci saat melakukan traveling apalagi di bulan puasa ini. Sebaiknya anda traveling ke negara-negara dengan popoulasi masyarakat Muslim yang besar. Karena dengan mengunjungi negara-negara dengan mayoritas umat Muslim, akan ada banyak fasilitas untuk mengakomodasi kebutuhan Ramadhanmu, seperti sahur, tempat beribadah hingga di waktu berbuka puasa.

Dengan begitu anda juga tetap bisa merasakan indahnya berpuasa di negeri orang sambil mempelajari budayanya. Beberapa contoh negara dengan popoulasi masyarakat Muslim terbesar adalah Uni Emirat Arab, Turki, Maroko, Maladewa, hingga India.

Meskipun begitu, bukan berarti anda tidak bisa mengunjungi negara-negara lainnya kok. Dengan perencanaan yang tepat, akan sangat mungkin untuk mengunjungi negara mana pun yang diinginkan selama bulan Ramadan!

2. Buat itinerary

Ketika traveling, itinerary atau perencanaan adalah hal terpenting. Karena sukses atau tidaknya perjalanan bergantung dengan itinerary yang dibuat, terlebih lagi ketika melakukan traveling di bulan Ramadan.

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya anda mencari tahu akomodasi mulai dari, tempat yang menyediakan makanan halal untuk kebutuhan sahur hingga buka puasa.

Selain itu, anda bisa mencari tahu informasi mengenai komunitas Muslim di negara yang didatangi.

Berlaku juga untuk masalah transportasi,  anda bisa memilih waktu penerbangan yang berangkat setelah berbuka puasa dan tiba sebelum fajar. Tentunya hal ini agar anda dapat lebih fokus untuk berpuasa.

3. Hormati budaya lokal

Saat bepergian ke negara non-Muslim, penduduk setempat mungkin tidak memahami pentingnya Ramadhan dan puasa bagi umat Islam.

Cara terbaik yang bisa dilakukan menjelaskan dengan ramah pentingnya Ramadhan bagi umat Islam.

Beberapa pemandu wisata mungkin akan memberikan rekomendasi makanan-makanan lezat setempat, dan kamu bisa memberitahunya bahwa kamu sedang berpuasa.

4. Jangan lewatkan sahur

Jetlag ataupun cuaca dingin bisa saja membuat anda untuk malas bangun pagi, tetapi sebakiknya anda tidak tergoda untuk tidur dan yang terpenting jangan melewatkan sahur.

Sahur memiliki banyak manfaat, berupa cadangan energi sebelum melakukan aktivitas dan mengunjungi beberapa tempat wisata di negara tersebut.

Mungkin, terkadang anda akan kesulitan untuk mendapatkan makanan untuk sahur karena tidak semua hotel menyediakan layanan kamar 24 jam. Salah satu solusinya adalah anda harus mencari makanan sahur di malam sebelumnya.

Bisa dengan mengunjungi beberapa took supermarket atau membeli makanan dari restoran halal terdekat.

5. Carilah masjid dan komunitas Muslim

Selain akomodasi, biasanya ada beberapa restoran halal di dekat masjid yang melayani hidangan berbuka puasa hingga santap sahur.

Untuk itu, sebelum berkunjung ke negara tujuan, sebaiknya mencari tahu di mana masjid-masjid itu berada, atau memilih penginapan yang berada di dekat masjid.

Karena hal ini juga memudahkan anda untuk melakukan ibadah Salat Taraweh bahkan saat bepergian. Selain itu,  beberapa masjid bahkan menyediakan makanan berbuka puasa atau sahur gratis.

Selain itu, juga bisa bertemu dengan penduduk Muslim lokal dan umat Muslim lainnya dari seluruh dunia. Anda sekaligus bisa mempelajari lebih dalam tentang Islam dan keragaman budaya dari berbagai belahan dunia.

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz