Berat Badan Mudah Naik Saat Menstruasi? Mungkin Ini Bisa Jadi Penyebabnya

18 September 2019 09:51 WIB

 

Pernahkah Womanblitzer merasa jika berat badan mudah naik ketika sedang menstruasi? JIka iya, jangan khawatir karena Womanblitzer tidak sendiri. Saat menstruasi, ada banyak hal yang terjadi pada tubuh perempuan mulai dari rasa nyeri hingga munculnya jerawat. Namun, ada hal yang sering tiba-tiba terjadi saat menstruasi adalah bertambahnya berat badan. Berikut penyebab bertambahnya berat badan Womanblitzer saat menstruasi.

Food Craving

 

Salah satu penyebab utama masalah bertambahnya berat badan ketika menstruasi adalah food craving atau ngidam. Saat menstruasi perempuan umumnya akan ngidam makanan yang manis seperti cokelat dan es krim. Hal ini terjadi karena berkurangnya kadar serotonin dalam tubuh yang membuat otak mengirimkan sinyal untuk ngidam makanan yang manis. Dan juga, seminggu sebelum menstruasi, hormon progesteron dalam tubuh akan meningkat yang memicu bertambahnya napsu makan. Inilah mengapa perempuan saat menstruasi cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak.

Kadar Air dalam Tubuh Meningkat

 

Selain meningkatkan napsu makan, perubahan kadar hormon pada tubuh saat menstruasi juga menyebabkan kadar air dalam tubuh meningkat. Kondisi ini disebabkan karena bertambahnya jumlah hormon estrogen yang membuat tubuh akan menahan kandungan air dalam jumlah banyak. Akibatnya, tubuh akan terasa lebih padat terutama pada area payudara. Namun, Womanblitzer tak perlu khawatir karena keadaan ini akan berlangsung sesaat dan akan kembali seperti semua saat kadar hormon kembali normal.

Tidak Berolahraga

 

Ketika menstruasi, tubuh Womanblitzer akan terasa lebih lelah dan cenderung kurang berenergi. Kondisi ini pun menjadikan banyak perempuan yang malas atau tidak melakukan kegiatan olahraga saat sedang menstruasi. Ditambah lagi dengan kram perut yang kadang terjadi membuat kegiatan berolahraga menjadi hal tersulit. Perpaduan antara meningkatnya napsu makan dan rasa malas untuk berolahraga bisa menjadi faktor utama bertambahnya berat badan para Womanblitzer saat tengah menstruasi.

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz