Beberapa Hal Penting Sebelum Memulai Double Cleansing

Beberapa Hal Penting Sebelum Memulai Double Cleansing
23 Juni 2020 11:33 WIB

Istilah double cleansing memang sudah akrab di telinga wanita Indonesia. Namun, ada beberapa yang mengalami iritasi pada kulit wajah akibat pembersihan yang tidak efektif dan produk yang tidak cocok. Jika Womanblitzer ingin memulai tahap double cleansing, simak hal berikut. 

Sesuai namanya, double cleansing terdiri dari 2 tahap yang bisa dilakukan untuk membersihkan wajah apalagi yang sering menggunakan full make up tiap harinya. Namun, tidak semua jenis kulit cocok dengan 2 tahapan ini. Dikutip dari elle.co.id bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya melakukan patch test terhadap produk clensing yang digunakan minimal 24 jam sebelumnya untuk menghindari iritasi ataupun alergi. Double cleansing pada dasarnya mengutamakan dua jenis cleanser, yakni oil based dan water soluble.

Tahap pertama untuk oil based, Womanblitzer bisa menggunakan oil cleanser, cleansing balm bagi pemilik kulit sensitif atau micellar water dengan kandungan oil di dalamnya. Kandungan minyak dalam pembersih jenis ini bisa lebih efektif mengangkat minyak hingga ke pori-pori. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan oil based cleanser ini ke seluruh wajah dengan gerakan memutar, usahakan produk tidak mengandung fragrance atau alkohol. Bilas dengan air bersih sehingga produk akan berubah tekstur menjadi agak milky. Untuk menghilangkan efek greasy, cukup sediakan handuk kecil atau kain lembut yang direndam air dan seka bagian wajah sampai tidak terasa berminyak lagi.

Tahap kedua, yakni water soluble atau second cleanser. Womanblitzer bisa menggunakan sabun pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit untuk mengangkat residu minyak dari first cleanser sebelumnya. Bagi pemilik kulit berminyak pilih cleanser dengan kandungan surfactant yang lebih tinggi agar minyak dan residu lebih efektif terangkat. Biasanya pembersih ini bersifat gel atau clay based.

Bagi pemilik kulit kering, pilih produk dengan surfactant lebih rendah yang gentle di kulit, biasanya berupa milky atau creamy cleanser. Untuk kulit kombinasi, bisa menggunakan produk di antara kulit berminyak atau kering seperti light milky cleanser atau gel facial wash. Sedangkan bagi pemilik kulit sensitif, hindari penggunaan produk yang mengandung fragrance atau artificial colour di dalamnya. Pilih pembersih dengan bahan yang lebih menenangkan kulit, alcohol free dan anti inflamasi. 

 

Hal-hal di atas merupakan poin penting yang bisa Womanblitzer perhatikan sebelum memulai double cleansing. Usahakan untuk mengenali kulit wajah sendiri dan memilih produk mana yang sesuai kebutuhan kulit. 


Search



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz