atasi kulit kepala gatal dengan 7 tips berikut

16 Juni 2019 13:57 WIB

 

Selain rambut, banyak wanita yang juga bermasalah dengan kulit kepala seperti gatal dan ketombe. Meskipun ini merupakan hal yang normal, namun kulit kepala yang gatal sering mengganggu aktivitas, apalagi saat sedang di acara penting atau jalan dengan pasangan kemudian garuk-garuk kepala kan gak banget ya Womanblitzer.

Ada banyak faktor penyabab gatal pada kulit kepala, seperti shampoo yang tidak cocok hingga masalah kebersihan. Nah Womanblitz akan membahas cara mengatasi kulit gatal yang bisa anda lakukan di rumah agar gatal tersebut segera hilang.

Pilih produk shampoo yang tepat

Kandungan produk shampoo yang salah dapat memberikan efek kulit kepala gatal dan bisa terjadi ketombe. Langkah pertama sebagai cara mengatasi kulit kepala gatal yang dapat dilakukan dengan memilih produk shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala. Pilihlah shampoo dengan kandungan green tea, tea tree, atau mint yang bekerja mengatasi rasa gatal pada kulit kepala.

Gunakan air dingin saat keramas

Cara mengatasi kulit kepala gatal lainnya ialah keramas dengan menggunakan air dingin. Karena suhu dingin dapat memberikan sensasi segar dan seketika mengurangi rasa gatal pada kulit kepalamu.

Gunakan masker rambut

Gunakan produk masker rambut khusus untuk membasmi bakteri penyebab kulit kepala terasa gatal. Biasanya produk masker rambut ini mengandung beberapa bahan alami yang berfungsi untuk menyegarkan kulit kepala dan mencegah rasa gatal kembali.

Pakai serum rambut khusus untuk rambut gatal

Agar maksimal dalam langkah cara mengatasi kulit kepala gatal, anda juga dapat menggunakan serum rambut pada kulit kepala. Pilih produk serum rambut khusus yang dapat mengatasi rasa gatal dan tidak membuat kulit kepalamu berminyak.

Hindari produk cat rambut

Gonta-ganti warna rambut juga bisa menjadi penyebab kulit kepala gatal. Sebaiknya mulai kurangi kegiatan yang satu ini ya. Karena bahan kimia yang terkandung di dalam produk cat atau bleaching dapat membuat kulit kepala alergi dan memberikan reaksi gatal.

Rajin mengganti sarung bantal

Terkait kebersiha, anda dapat melakukan cara dengan cek kebersihan sarung bantal secara rutin. Jangan lupa untuk rajin mengganti sarung bantal agar tidak menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan kulit kepala gatal. Lebih bagus lagi jika anda rajin mengganti bantal secara berkala.

Kurangi penggunaan aksesoris kepala

Nah, cara mengatasi kulit kepala gatal yang terakhir dapat dilakukan ialah dengan mengurangi penggunaan aksesori rambut seperti topi, jepitan, bandana, turban, dan aksesoris rambut lainnya. Walaupun memang dapat membuat tampilanmu menjadi lebih maksimal, namun terkadang aksesori rambut dapat menjadi media bakteri dan kuman yang mengakibatkan kulit kepala gatal.

Sedangkan bagi anda pengguna hijab, perhatikan kebersihan hijab anda, dan gunakan bahan kain hijab yang tidak membuat kulit kepala anda selalu lembab karena gerah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil !

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz