6 Tradisi Imlek Di Berbagai Negara

5 Februari 2019 20:27 WIB

 

Hari ini 5 Februari 2019 diperingati sebagai tahun baru Imlek bagi seluruh keturunan Tionghoa. Perayaan Imlek tak hanya dilakukan di negei Cina, namun juga di seluruh masyarakat ketutunan Cina yang tersebar di dunia. Banyaknya keturunan Cina yang meninggalkan negaranya dan menetap di negara lain memberikan banyak tradisi perayaan Imlek yang disesuaikan dengan lokasi mereka menetap. Bahkan di Indonesia, perayaan tahun baru Imlek dijadikan menjadi salah satu hari libur nasional. Berikut 6 tradisi perayaan tahun baru Imlek di berbagai Negara di dunia.

 

1. Cina

 

Negara CIna merupakan Negara yang merayakan tahun baru Imlek. Ketika Imlek datang, di Hong Kong dan Makau para penduduknya akan diberikan libur bekerja selama 3 hingga 5 hari. Pada kesempatan ini, seluruh anggota keluarga akan berkumpul bersama. Masyarakat Cina juga akan membeli beragam buga seperti bunga persik dan bunga daffodil untuk meramaikan semarak Imlek. Tak ketinggalan juga untuk membeli buah kumquat yaitu buah semacam jeruk.

Pada pagi berikutnya para orang tua akan pergi kekuil untuk berdoa. Tradisi membagikan angpao atau kantong berisi uang juga menjadi salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Cina yang bertujuan untuk memberikan berkat. Pada hari pertama dan kedua perayaan Imlek di Cina akan dipenuhi dengan perta kembang api dan pernak pernik serba merah pada pakaian dan makanan.

 

2. Singapura

 

Setidaknya ada lebih dari 70 persen masyarakat Singapura merupakan keturunan Cina. Meski menetap jauh dari Cina, para keturunan etnis Cina di SIngapura tetep  melaksanakan tradisi dan adat khas Imlek. Tahun baru  Imlek sering dihiasi dengan sajian sashimi, kripik sayuran dan daging. Ketika seluruh anggota keluarga telah berkumpul, semua akan berebut untuk memperoleh sashimi. Bagi yang mendapatkan daging maka mereka kan memiliki keburuntungan lebih pada tahun ini.

Masyarakat Cina di Singapura akan datang ke Kreta Ayer Square saat tahun baru Imlek untuk menyaksikan bzaar, parade Chingay serta pertunjukkn barongsai.

 

3. Malaysia

 

Negara tetangga Indnesia, Malaysia merupakan Negara yang juga memiliki beraman suku dan etnis. Khususnya pada perayaan tahun baru Imlek di Kuala Lumpur Malaysia identic dengan dekorasi beragam lampu lampion, bunga sakura dan buah jeruk. Satu tradisi yang dilakukan keturunan Cina di Malaysia adalah menyantap buah nanas. Mereka percaya bahwa buah nanas adalah buah yang dapat memberikan keberuntungan dan merupakan tanda untuk kebahagiaan.

 

4. Filipina

 

Perayaan tahun baru Imlek menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan etnis Tionghoa di Filipina. Berbeda dengan perayaan Imlek di Cina, masyarakat keturunan Cina di Filipina menggabungkan tradisi Imlek khas Cina dengan tradisi local. Tak hanya itu, kue keranjang juga menjadi santapan wajib ketika perayaan Imlek di Filipina. Selain tradisi perayaan Imlek pada umumnya, masyarakat Tionghoa di Filipna juga akan menggantungkan delapan macam buah berbentuk bulat pada rumah mereka sebagai dekorasi.

 

5. Vietnam                                 

 

Sama halnyaSingapura, Negara Vietnam juga merupakan Negara yang masyarakatnya banyak yang merupakan keturunan etnis Tionghoa. Di Vietnam, tahun baru Imlek disebut sebagai tet. Saat Imlek, makanan zongzi atau ba tzang adalah makanan wajib yang harus dihidangkan saat Imlek. Makanan ini berasal dari beras ketan yang dbungkus dengan daun bambu. Tak hanya itu, tradisi Imlek lain di Vietnam adalah membeli bunga persik yang dipercaya dapat menangkal roh jahat serta buah kumquat yang melambangkan keberuntungan.

 

6. Amerika

 

Banyak keturunan Cina yang tingga di kota—kota besar Amerika seperti California, San Francisco, New York, Seattle dan Washington. Jika di Amerika, perayaan Imlek tak hanya dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa, namun oleh siapapun seperti kerabat dan teman yang memang mau ikut merayakan tahun baru imlek. Pada umumnya perayaan Imlek di Amerika dipenuhi dengan beragam festival sepeti festival lampion dan barongsai. Di Chinatown San Francisco, pada perayaan Imlek akan digelar parade di Grant Avenue dan Kearny Street. Orang-orang akan berkumpul dan membawa banner warna-warni, drum dan kembang api untuk memeriahkan Imlek.

 

 

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz