5 Tips Untuk Rasakan Sensasi Tidur Lebih Berkualitas

9 Juli 2019 19:29 WIB

 

Momen tidur atau istirahat adalah waktu terpenting dalam rutinitas kegiatan setiap orang. Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki diri serta beristirahat sejenak setelah menjalani kegiatan sepanjang hari. Tak hanya memberikan waktu tubuh untuk beristirahat, tidur juga dapat menjaga kesehatan seperti kesehatan kulit, pencernaan bahkan kesehatan mental.

Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam setiap harinya. Namun, dengan kegiatan saat ini yang semakin padat, apalagi pagi seorang pekerja, waktu rata-rata orang dewasa tidur saat ini kira-kira 4 hingga 5 jam perhari.

Dengan waktu tidur yang kurang, tak jarang badan masih merasa kelelahan bahkan setelah memiliki waktu tidur yang cukup. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas tidur yang tidak baik sehingga tanda-tanda ini terjadi. Untuk mendapatkan sensasi tidur yang lebih berkualitas, Womanblitzer dapat mencoba lima tips berikut ini.

1. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Kegiatan mandi tak hanya bermanfaat untuk membersihkan badan, namun juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Mandi menggunakan air hangat sekurangnya 90 menit sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga aktifitas tidur pun akan lebih berkualitas. Mandi menggunakan air hangat sebelum tidur juga dapat meningkatkan kemungkinan deep sleep yang lebih tinggi.

2. Menghindari Konsumsi Kafein di Atas Jam 3 Sore

Kandungan dalam kafein diketahui dapat meningkatkan konsentrasi dan produktifitas. Namun, mengkonsumsi kafein 6 jam sebelum waktu tidur akan dapat menimbulkan efek susah tidur. Sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein setelah di atas jam 3 sore. Hal ini dikarenakam efek kandungan kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama 6 hingga 8 jam. Jika terpaksa harus meminum kopi setelah jam 3 sore, usahakan untuk menghindari kopi yang memiliki kandungan kafein.

3. Melakukan Peregangan

Kegiatan pekerjaan yang padat mungkin membuat waktu berolahraga terasa seperti tidak mungkin. Untuk itu, melakukan peregangan sebelum tidur dapat menjadi eaktu yang tepat untuk melepas segala ketegangan setelah melakukan aktifitas sepanjang hari. Melakukan gerakan peregangan sebelum tidur juga dapat memberikan eek rileks pada tubuh sehingga membuat waktu tidur akan lebih berkualitas. Cukup melakukan gerakan-gerakan peregangan yang sederhana untuk dilakukan sebelum tidur.

4. Matikan Seluruh Alat Elektronik

Satu cara termudah untuk mendapatkan waktu tidur yang lbih berkualitas adalah dengan mematikan seluruh alat elektronik yang berada di sekitar tempat tidur mulai dari televisi, ponsel hingga lampu kamar. Seperti yang diketahui, cahaya dari televisi dan ponel dapat memancarkan blue light yang hanya diproduksi oleh alat-alat listrik. Blue light atau cahaya biru ini dapat menurunkan kualitas tidur karena dapat menurunkan kadar hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin sendiri adalah hormon yang membantu manusia untuk tidur. Sinar biru atau blue light akan menstimulasi otak untuk terus bekerja sehingga waktu tidur pun akan terganggu.

5. Melatih Alarm Tubuh

Sejatinya tubuh memiliki alarm sendiri yang disebut dengan ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan jadwal tidur dan bangun tubuh sesuai dengan pola cahaya matahari. Ketika matahari terbit, tubuh akan menangkap sinyal tersebut sebagai saatnya untuk bangun. Sebaliknya, jika cahaya matahari telah tiada, tubuhakan menangkap sinya tersebut sebagai waktu untu beristirahat. Ahli menganjurkan untuk melatih tubuh untuk bangun dan tidur sesuai jadwal diri secara konsisten. Hal ini akan dapat meningkatkan kualitas tidur dalam jangka panjang.

 

(Pictures source: Dokumentasi Internet)

 

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz