5 Posisi Yoga Yang Baik Untuk Kesehatan Rambutmu

22 Februari 2019 13:56 WIB

 

Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan rambut dapat mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga, selain menjaga kesehatan rambut tidak ada salahnya juga diimbangi dengan menjaga kesehatan tubuh. Selain melakukan perawatan rambut seperti hair mask dan serum, taka da salahnya mencoba beragam posisi yoga ini yang dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Gerakan-gerakan pada yoga dipercaya dapat memperlancar kerja organ pencernaan serta mengurangi kecemasan dan stress yang merupakan faktor utama dalam degenerasi rambut. Sehingga, yoga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus kesehatan rambut. Berikut ulasan dari womanblitz tentang posisi yoga yang baik untuk kesehatan rambut.

 

1. Sarvangasana

 

(cocolett)

Posisi yoga sarvangasana dapat dilakukan dengan cara berbaring di atas matras lalu mengangkat kedua kaki secara lurus ke atas dengan bantuan leber dan bahu sebagai penopang badan. Tahan dalam posisi ini selama 30 detik hingga 1 menit. Posisi yoga sarvangasana berfungsi untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stress sehingga rambut akan lebih sehat dan tidak mudah rontok.

 

2. Ustrasana

 

(vamazonaws)

Posisi yoga ustrasana atau juga dikenal dengan pose unta dapat dilakukan dengan menekuk badan kea rah belakang dengan berlutut di atas matras. Posisi ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga dapat mencegah kerontok pada rambut.waktu yang paling ideal untuk melakukan posisi yoga ini adalah di pagi hari ketika perut masing kosong selama 30 hingga 60 detik.

 

3. Vajrasana

 

(shutterstock)

Posisi yoga yang juga disebut juga posisi berlian ini dipercaya dapat membuat tubuh manusia menjadi sedkuat berlian. Posisi yoga yang dilakukan dengan cara duduk bertumpu di atas kedua kaki yang dilipat ke belakang. Waktu yang tepat untuk melakukan yoga ini justru setelah makan selama 5 hingga 10 menit. Gerakan Vajrasana berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah, mengatasi gangguan lambung serta menenangkan pikiran.

 

4. Uttanasana

 

(stylecraze)

Posisi yoga Uttanasana adalah salah satu posisi yang sangat bermanfaat untuk menambah suplai energy pada sel-sel di kepala. Cara melakukan posisi ini adalah dengan berdiri dengan kedua kaki rapat lalu membungkuk ke depan. Posisi ini sangat baik jika dilakukan sebelum makan atau 4 saampai 5 jam setelah makan. Posisi uttanasana dapat dilakukan selama 15 hingga 30 detik.

 

5. Adho Mukha Svanasana

 

(shutterstock)

Walaupun nama dari posisi yoga ini terdengar sulit, namun gerakan yang dilakukan tidaklah terlalu sulit seperti namanya. Hanya perlumembuat pose merangkak dengan posisi tangan sejajar dengan pingggul lalu mengangkat pingggul ke atas hingga membentuk huruf V terbalik. pertahankan posisi membentuk huruf V terbalik ini setidaknya selama 1 hingga 3 menit. Menurut Stye Crze, posisi yoga adho mukha svanasana dapat memperlancar sirkulasi darah yang mengalir menuju kepala serta dapat menekan otot-otot perut dan meningkatkan kerjaorgan pencernaan. Possi yoga ini juga dapat berfungsi untuk melepas stress dan membuat pikiran tenang.

 


(Cover source: yogajournal.com)

 


 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz