5 Perayaan Unik saat Paskah di Seluruh Dunia

5 Perayaan Unik saat Paskah di Seluruh Dunia
3 April 2021 10:46 WIB

Perayaan paskah identik dengan tradisi perburuan telur hingga menghias telur-telur Paskah. Namun, di berbagai negara di dunia, perayaan hari raya Paskah dirayakan dengan tradisi yang berbeda. Meski kondisi saat pandemi berbeda namun tradisi ini menjadi sebuah momen yang bisa diperingati tanpa adanya perkumpulan orang secara besar-besaran. Mulai dari perlombaan menggulung keju hingga prosesi pengusiran penyihr. Berikut womanblitz.com rangkum lima perayaan unik saat Paskah di seluruh dunia.

  

1. Finlandia – Prosesi Mengusir Penyihir

 5 Perayaan Unik saat Paskah di Seluruh Dunia

Masyarakat di Finlandia percaya di antara waktu Jumat Agung dan Hari Paskah adalah hari-hari di mana para penyihir akan muncul. Untuk itu, masyarakat akan menyalakan api unggun yang bertujuan untuk menakuti para penyihir. Salah satu hal yang unik adalah para anak-anak akan berpakaian seperti penyihir dan berkeliaran di sekitar api unggun bersama yang lainnya. Para anak-anak yang menggunakan kostum penyihir ini yang membuat perayaan Hari Paskah di Finlandia semakin meriah.

 

2. Yunani – Tradisi Buang Kendi

 5 Perayaan Unik saat Paskah di Seluruh Dunia

Saat perayaan Paskah hari Minggu, masyarakat Yunani akan membuang kendi atau perabotan lain yang berasal dari tanah liat melalui jendela rumah mereka. Tradisi ini merupakan simbol dalam menyambut musim panen yang baru. Masyarakat di Yunani membuang peralatan lama karena mereka akan menggunakan perabotan baru dalam mengumpulkan hasil panen mereka.

 

3. Vatikan – Pembakaran Obor dan Salib Raksasa

 5 Perayaan Unik saat Paskah di Seluruh Dunia

Saat hari Paskah, di Vatikan Paus Fransiskus akan memimpin upacara penylaan obor yang akan menerangi salib raksasa, sebuah simbol dari 14 jalan salib. Di hari yang sama, ribuan orang dari seluruh dunia akan berkumpul di Vatikan menunggu Paus Fransisku memberikan berkatnya dari balkon yang juga dikenal sebagai “Urbi et Orbi” atau (“To the City and to the World”). Misa Paskah yang dilakukan di Vatikan ini selalu dinanti oleh umat Katolik seluruh dunia layaknya misa Natal di Vatikan.

 

4. Italia – Lomba Menggulung Keju

 5 Perayaan Unik saat Paskah di Seluruh Dunia

Perayaan hari Paskah di Italia cukup unik dengan adanya perlombaan menggulung keju. Masyarakat akan berlomba menggulikan keju berbentuk roda yang memiliki berat 4 kilogram di sepanjang jalanann desa. Pemenang akan diukur dari seberapa keju mereka dapat bergulir serta ketika keju tidak keluar dari jalur yang telah ditentukan. Pemenang dari perlombaan ini akan menjadi pemilik seluruh keju yang digunakan setiap perserta lomba.

 

5. Prancis – Membuat Omelet Raksasa

 5 Perayaan Unik saat Paskah di Seluruh Dunia

Tradisi memasak omelet raksasa dilakukan masyarakat desa Haux di Prancis saat Minggu Paskah. Semua warga akan berkumpul di alunalun untuk membuat omelet raksasa yang terbuat dari 4.500 telur dan akan menyantapnya bersama saat makan siang tiba. Konon, Napoleon Bonaparte adalah menyuka omelet. Dialah yang memulai tradisi membuat omelet raksasa untuk dinikmati bersama saat Paskah. Omelet raksasa ini dapat dinikmati lebih dari seribu orang.

 

(Cover source: pixabay)

 






Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz