YUK AWARE DENGAN SIMBOL-SIMBOL DI KEMASAN KOSMETIK kita

8 Juni 2017 15:29 WIB

Womanblitzers, sebagai konsumen produk kosmetik, sudahkah kita aware dengan berbagai symbol di produk kosmetik yang kita konsumsi? Misalnya kalau anda adalah pribadi-pribadi yang ramah dan peduli dengan lingkungan misalnya, alangkah lebih menyenangkan bukan ketika kita mengetahui bahwa produk kita itu bisa di recycle, dan atau malah free animal testing? Nah, sebenarnya, hal itu bisa kita ketahui dari simbol-simbol yang ada di wadah kosmetik kita…

 

1. Masa kadaluarsa (Best before dan Period After Opening)

Sebelum membeli ada baiknya, anda men-cek masa kadaluarsa. Ada dua macam tanda nih untuk mengetahui masa kadaluarsa kosmetik, pertama dengan tulisan expired date/best before yang biasanya tertulis di wadah body lotion, bedak atau lipstick dan mascara kita. Oh iya, untuk tanda expired date, ada baiknya cek benar-benar ya, karena ada merek kosmetik yang meletakkan expired date ini di plastic press packaging, sehingga ketika kita buka plastik press packaging-nya, kita sudah lost track untuk masa kadaluarsanya.

 

 

Kedua adalah simbol PAO (Period after opening) yang biasanya dipakai untuk kosmetik yang punya lifespan lebih dari 30 bulan, seperti cream wajah atau foundation misalnya. Namun, setelah dibuka kemasannya, maka lifespan nya berdasarkan simbol yang ada, biasanya 3 bulan (3 M) sampai 12 bulan (12 M)

 

 

 

2.The green dot

Biasanya berbentuk dua tanda panah, hitam dan bening, menyerupai simbol yin dan yang.

Hal ini untuk memenuhi standart aturan untuk produk kosmetik di Negara-negara Eropa, untuk menginfokan kepada konsumen, bahwa mereka adalah brand kosmetik yang menjadi anggota organisasi ‘recycling & recovery’ dan mereka peduli dan spare budget untuk daur ulang.

 

 

 

3. Simbol Daur Ulang

Digunakan untuk menunjukkan bahwa wadah produk mudah untuk di daur ulang.

 

 

4. Flammable/mudah terbakar.

Biasanya tanda ini kita temukan pada produk cat kuku atau produk hair spray, yang peka terhadap api atau suhu yang tinggi, sehingga kita juga akan lebih hati-hati dalam penyimpanannya, yaitu tempak yang kering namun sejuk dan tidak di bawah sinar matahari langsung.

 

5. More information (symbol jari mengarah pada buku)

Untuk menunjukkan bahwa masih banyak informasi tentang produk yang masuk dalam kemasan, bisa di sisipan atau malah dibalik(lapisan dalam) dari stiker kupas. Simbol ini biasanya disertakan bila tidak ada cukup ruang dalam stiker kemasan. Cara lainnya adalah dengan menunjuk (tanda panah) seperti produk foundation produk Revlon Colorstay di bawah ini.

 

 

6. Tanda “Animal Cruelty Free”

Ada beberapa symbol nih untuk produk dengan animal cruelty free, tergantung organisasi yang mengeluarkannya, ada PETA (People of Ethical Treatment of Animal), atau CCIC atau BUAV (cruelty free animal) etc.

 

 

 

7. Sertifikat organik

Adalah trademark terdaftar yang menunjukkan kalau produk kosmetik itu tidak mengandung hewan ataupun menggunakan hewan dalam percobaannya. Biasanya hal ini menjadi perhatian dari para vegan, dan mempermudah mereka untuk mengetahuinya.

 

8. Estimated Sign

Tanda ini digunakan untuk menunjukkan bahwa produk tersebut memenuhi standart Eropa untuk estimasi volume.

 

La voila, semoga infonya bermanfaat ya untuk kita lebih aware dengan kosmetik yang kita pakai...



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz