waspadai jerawat tanda PCOS

17 April 2018 11:06 WIB

 

PCOS (Polycystic Ovary Syndrom) atau dalam Bahasa Indonesia sindrom ovarium polikistik adalah kelainan hormonal para perempuan yang menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita. Pada kasus PCOS, kadar hormon estrogen dan progesteron pada perempuan tidak seimbang. Umumnya wanita dengan PCOS memiliki kista kecil di ovarium yang mengakibatkan ovarium membesar yang menjadi pemicu ketidakseimbangan hormon pada tubuh. PCOS dapat mempersulit wanita untuk menjadi hamil.

Menurut dr. Imelda Chandra , M. Biomed dari Diandra Clinic penyakit PCOS memiliki beberapa tanda utama, salah satunya adalah jerawat. Jerawat yang masih muncul setelah masa pubertas terutama dan jerawat yang muncul sebelum menstruasi terutama di daerah leher atas, dagu, dan pipi, disarankan untuk menemui dokter atau dermatologist untuk berkonsultasi dan diagnosis yang tepat karena dapat menjadi tanda PCOS. Jerawat adalah salah satu ciri penyakit PCOS. Dengan mendeteksi sejak dini akan membantu untuk menangani gangguan ini dengan baik. Selain itu penyakit PCOS juga ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur, resisten terhadap insulin, depresi dan kecemasan, kelelahan, rasa haus yang berlebihan, level hormon testosteron tinggi, level hormon progesteron rendah dan obesitas.

Tak hanya dapat mengganggu kesuburan dan mempersulit kehamilan PCOS juga dapat mengakibatkan penyakit lain seperti: diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan kanker endometrium.

 

 

Cover source: remediesforme.com

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz