Tips Sebelum Mudik Lebaran

12 Juni 2018 15:45 WIB

Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari di depan mata. Para Womanblitzer yang mungkin akan melakukan mudik lebaran sebaiknya mempersiapkan semuanya dengan baik. Kemarin, tim Womanblitz.com berkesempatan untuk bertemu dengan dr. Imelda dari klinik Dyandra Surabaya untuk bertanya akan tips mudik dan apa-apa saja yang perlu dilakukan sebelum mudik lebaran. Kesehatan dan keselamatan adalah nomor satu selama perjalanan mudik lebaran. Berikut tips-tips sebelum mudik lebaran  yang telah Womanblitz.com rangkum.

 

1. Istirahat Sebelum Berangkat

 

Melakukan perjalanan mudik yang jauh pasti memerlukan banyak tenaga dan konsentrasi. Dr. Imelda menyarankan bagi siapapun yang mudik, sebelum melakukan perjalanan agar meluangkan waktu untuk istirahat terlebih dahulu. Ketika di perjalanan merasa lelah, juga lebih baik beristirahat di posko-posko rest area yang telah disediakan untuk menjamin agar perjalanan aman dan nyaman.

 

2.  Minum Air Putih yang Cukup

 

Selama perjalanan mudik lebaran apalagi jika sedang melakukan ibadah puasa, risiko badan tidak terhidrasi dengan baik sangat tinggi. Ketika sahur atau berbuka puasa disarankan agar meminum air putih yang cukup untuk menggantikan kekurangan air seharian. Dengan badan yang terhidrasi dengan baik, konsentrasi selama perjalanan mudik pun ikut terjaga.

 

3. Mengurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

 

Saat berbuka puasa sebaiknya mengurangi makanan yang manis-manis dan berlemak. Dengan mengurangi konsumsi makanan tersebut, badan akan lebih sehat dan tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Tanpa sadar jika terlalu banyak makan makanan manis dan berlemak dapat menyebabkan angka gula darah dan kolesterol naik. Akibatnya dapat berisiko pusing di perjalanan dan serangan penyakit lain yang tidak diinginkan.

 

4. Jangan Lupa Cek Kesehatan

 

Melakukan cek kesehatan sebelum mudik lebaran itu sangat dianjurkan. Melakukan cek kesehatan yang dasar seperti tensi darah sangat dianjurkan. Pemerintah sudah menyiapkan banyak posko-posko kesehatan yang dapat digunakan di sepanjang alur mudik. Kebanyakan orang mungkin akan meresa sehat, padahal kesehatan bukanlah hal yang dirasa namun hal yang diukur. Saran dari dr. Imelda setidaknya agar sekali melakukan medical check up sebelum memulai perjalanan mudik lebaran.

 

5. Mempersiapkan Anak jika Mudik dengan Si Kecil

 

Mudik lebaran bersama anak adalah tantangan tersendiri. Sebagai orang tua agar mempersiapkan kenyamanan bagi sang buah hati selama perjalanan. Manajemen waktu bagi seorang ibu untuk mempersiapkan anak sebelum mudik itu penting. Jika dirasa perjalanan mudik akan memakan waktu yang panjang, maka sang buah hati agar dipersiapkan supaya tidak terlalu capek sehari sebelumnya sehingga tidak rewel dan sakit saat mudik lebaran.

 

Source photos: Dokumen Internet

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz