tips pilih cat kuku sesuai dengan undertone anda

31 Juli 2017 15:12 WIB

Nail polish atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan kuteks adalah pernis yang digunakan pada kuku tangan dan kuku kaki manusia untuk menghias, memperindah dan melindungi lempeng kuku. (Wikipedia Indonesia)

Nail polish adalah salah satu peralatan kosmetik, yang walaupun bukan salah satu kebutuhan dasar, namun banyak diantara kita yang menyukai-nya dan bahkan memiliki lebih dari satu warna, hayooo ngakuuu…. It’s ok kok, karena menurut data dari WWD, dari keseluruhan semua penjualan kosmetik Amerika Serikat, cat kuku menjadi produk yang paling laku penjualannya, sebanyak 68% dari keseluruhan.

Pemilihan warna cat kuku ternyata juga bisa menunjukkan mood anda, menurut beberapa ahli psikologi warna kuteks yang kita pilih untuk memperindah kuku menunjukkan mood anda dan apa yang anda rasakan atau inginkan saat itu.. Dan jangan sampai jari anda menjadi tidak cantik hanya karena salah memilih warna kuku, karena seperti juga lipstik dan blush, tidak semua warna cat kuku dibuat untuk semua warna kulit atau walau memang ada beberapa yang dibuat demikian.

Cara mudah untuk menentukan warna tone kulit kita adalah dengan menentukan undertone-nya. For your info, undertone adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen dan tidak akan mengalami perubahan walaupun kulit menjadi lebih gelap ataupun malah lebih cerah. Ada tiga macam undertone yaitu cool, warm dan netral. Bahkan untuk kulit orang Asia seperti kita, tidak semuanya mempunyai undertone warm, ada juga yang cool atau netral. Sementara skin tone adalah warna kulit kita yang terlihat. Warna ini bisa berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor misalnya terpapar sinar matahari atau menjadi lebih cerah karena perawatan kulit.

photo source : pinterest

Cara untuk mengetahui warna undertone kita juga tidak rumit, kita tinggal berdiri saja di luar ruangan dibawah sinar matahari atau bisa juga berdiri di samping jendela ruangan, kemudian cek warna dari pembuluh darah di pergelangan tangan anda yang terkena sinar matahari, kalau terlihat berwarna biru maka kita memiliki undertone cool atau dingin. Sementara itu kalau pembuluh darah itu tampak berwarna hijau maka undertone kita adalah warm. Dan jika tidak bisa dibedakan antara hijau dan biru, maka bisa jadi anda memiliki undertone netral, dan kalau undertone anda netral maka lebih mudah juga untuk memilih shade warna kuku apapun yang anda inginkan.

Anyway, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih warna cat kuku, semoga bermanfaat…

warna kuku cool red cocok untuk kulit yang cerah

photo source : bluemaizen.net

Warna merah bisa dipakai untuk kulit dengan undertones warm dan cool, tapi ada baiknya kalau undertones kulit kita cool maka color based warna merahnya adalah yang punya base warna biru sementara kalau undertone kita hangat, warna merah yang dipilih adalah yang ada campuran kuning atau oranye.

photo source : socks4life.com

photo source : socks4life.com

Dan dengan semakin matangnya usia kita, memang cenderung untuk menjadi lebih bijak dalam memilih warna-warna cat kuku ya womanblitzers, kita akan cenderung untuk memilih warna-warna yang sesuai dengan undertone kita dan yang membuat jari-jemari kita lebih cantik. Untuk kulit dengan undertone hangat ada baiknya untuk menjauhi warna abu-abu ataupun ungu, sementara untuk undertone dingin, kuku anda akan makin cantik dengan warna cool red, namun tidak dengan warna turquoise. Untuk efek jari lebih cantik dan tampak panjang juga bisa dengan menggunakan warna cat kuku pastel nude, yang memberi efek menambah panjang jari kita.

Menurut sebuah artikel di mariecaire.com, kalau jari anda tampak sangat mungil ada baiknya memilih warna putih dan atau pastel untuk membuatnya tampak lebih besar, demikian juga sebaliknya untuk membuatnya menjadi lebih langsing, pilihlah shade yang lebih gelap yang sesuai dengan skin tone.

photo source : marieclaire.com

Dan untuk jari yang tampak lebih muda, pilihlah warna cat yang tidak terlalu tampak dewasa ataupun terlalu berwarna neon, sehingga kuku anda tampak lebih elegan dan lebih jelas.

there you go, semoga bermanfaat ya tips-tips nya...

 

 

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz