Tips Merawat Bulu Mata Agar Tidak Mudah Rontok

14 Juli 2018 19:57 WIB

 

Area mata terutama eyelashes selalu menjadi bagian terpenting dalam bermakeup. Banyak produk kecantikan yang dikhususkan untuk mempercantik bagian tubuh ini seperti eyelashes curler, maskara, fake eyelashes hingga eyelashes extension untuk menunjang penampilan setiap wanita. Namun, produk kecantikan khusus untuk bulu mata ini dapat mengakibatkan kesehatan bulu mata berkurang jika tidak dirawat secara benar dan dapat mengakibatkan bulu mata mengalami kerontokan. Berikut tips untuk merawat kesehatan bulu mata agar tidak mudah rontok.

 

1. Jangan Lupa Untuk Membersihkan Makeup di Daerah Mata dengan Eye Makeup Remover

 

Makeup di area mata biasanya sangat sulit untuk dihilangkan. Mulai dari maskara waterproof, eyeliner waterproof maupun eyeshadow shimmer yang memiliki partikel gliter yang sulit untuk dihilangkan. Untuk membersihkan riasan mata dengan bersih dan sempurna, disarankan untuk menggunakan eye makeup remover. Makeup remover yang memang dikhususkan untuk membersihkan makeup pada area mata sehingga hasilnya berbeda dan lebih mudah dan bersih membersihka makeup di area mata dibantingkan dengan makeup remover biasa. Disarankan untuk mendiamkan kapas dengan eye makeup remover pada area mata selama beberapa detik sebelum mengangkat kapas untuk menghapus makeup. Pastikan seluruh makeup terangkat dan tak ada sisa.

 

2. Membersihkan Penjepit Bulu Mata Secara Berkala Itu Perlu

 

Bulu mata rawan rontok jika menggunakan penjepit bulu mata yang jarang digunakan. Alasannya adalah setelah berkali-kali digunakan dapat dipastikan penjepit bulu mata sudah kotor dengan debu, kotoran, minyak maupun sisa makeup yang menempel di penjepit bulu mata. Membersihkan penjepit bulu mata secara berkala sangat dianjurkan agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat mengganggu kesehatan bulu mata yang dapat mengakibatkan kerontokan.

 

3. Perhatikan Saat Memakai Fake Eyelashes

 

Jika memilih untuk menggunakan fake eyelashes, disarankan untuk berhati-hati saat melepasnya. Untuk menggunakan fake eyelashes saat memasangnya perlu menggunakan lem yang lengket agar menahannya. Saat melepaskan fake eyelashes diharapkan dengan berhati-hati dan pelan agar tidak menarik bulu mata asli hingga rontok. Untuk melepaskan bulu mata palsu dengan mudah tanpa melukai bulu mata asli dapat menggunakan cleansing oil atau coconut oil.

 

4. Berhati-hati dengan Eyelashes Extension

 

Maksud dari berhati-hati saat menggunakan eyelashes extension bukan berarti eyelashes extension ini dilarang. Namun, lebih ke pemilihan salon untuk melakukan treatment eyelashes extension ini. Makin maraknya trend eyelashes extension di Indonesia membuat banyak salon-salon yang menawarkan treatment eyelashes extention dari harga termurah dingga paling mahal. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah lalu menyesal jika akhirnya bulu mata asli rontok. Memilih salon yang terpercaya dan berkualitas adalah pilihan yang tepat untuk melakukan eyelashes extension meskipun dengan harga yang lebih mahal. Dan jangan lupa untuk memperhatikan instruksi setelah pemakaian eyelashes extension seperti larangan untuk menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, menggosok mata terlalu keras dan sejenisnya untuk menjaga eyelashes extension tahan lama.

 

5. Memperkuat Bulu Mata dengan Menggunakan Serum

 

Untuk mencegah kerontokan pada bulu mata disarankan untuk menggunakan serum khusus bulu mata. Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan bulu mata agar tetap kuat dan tidak mudah rontok. Kandungan essential oil, vitamin dan nutrisi lainnya pada serum bulu mata tak hanya memperkuat namun juga dapat merangsang pertumbuhan bulu mata agar semakin panjang, tebal dan lentik.

 

 

(Pictures source: Dokumentasi Internet)

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz