7 Tips Mengembalikan Mood di Hari Pertama Kerja Setelah Liburan

21 Juni 2018 16:49 WIB

 

Liburan adalah saat-saat yang pasti paling ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Tak heran jika waktu libur seperti libur lebaran tiba, banyak yang menggunakannya sebagai saat yang tepat untuk bersantai dan berwisata. Namun, setelah masa liburan selesai masalah lain muncul ketika diharuskan untuk memulai pekerjaan di saat tubuh dan emosi masih terikat akan kesenangan liburan. Berikut 7 tips untuk membantu mengembalikan mood di hari pertama kerja setelah liburan yang dapat dicoba.

 

1. Datang ke Tempat Kerja Lebih Awal

Setelah beberapa saat dapat bermalas-malasan di rumah atau pun di tempat wisata membuat tubuh terbiasa untuk bermalas-malasan dan bangun siang. Ketika hari kerja sudah datang, sudah saatnya kebiasaan itu ditinggalkan. Cobalah dengan cara memaksakan diri untuk bangun pagi dan datang lebih awal ke kantor. Tak hanya lebih fresh dan siap mengawali pekerjaan, datang ke kantor lebih awal di hari pertama kerja setelah liburan memberikan banyak waktu untuk mempersiapkan pekerjaan yang telah lama ditinggalkan.

 

2. Membuat Jadwal Kerja di Hari Pertama Kerja

Membuat daftar pekerjaan dan tugas untuk hari pertama bekerja setelah liburan akan membuat tubuh lebih semangat dalam bekerja. Cobalah untuk membuat jadwal dari yang pertama harus diselesaikan hingga beberapa minggu ke depan. Dengan memiliki jadwal pekerjaan yang jelas, secara tidak langsung akan memikirkan cara-cara agar pekerjaan lebih cepat selesai dan meningkatkan semangat bekerja.

 

3. Memulai Pekerjaan Secara Perlahan

Liburan memberikan banyak tambahan pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan secepatnya. Namun, jangan panik ketika melihat banyak pekerjaan yang menumpuk. Cobalah untuk melakukan pekerjaan secara normal dan perlahan-lahan sambil menyesuaikan keadaan tubuh dari mood santai liburan ke mood pekerja. Bisa jadi dengan melakukan pekerjaan secara tergesa-gesa akan memperlama proses pekerjaan karena banyak yag harus diulang.

 

4. Bijaksana Dalam Mengatur Waktu

 

Ketika pekerjaan banyak yang menumpuk mendorong keinginan untuk lembur. Namun, sebaiknya jalan lakukan ini karena dapat merusak hal baik yang telah diciptakan saat liburan kemarin . selalu berusaha memaksimalkan pekerjaan dan bijaksana dalam mengatur waktu agar tugas-tugas pun terselesaikan tanpa harus menambah waktu bekerja dengan lembur di hari pertama masuk kerja.

 

5. Mintalah Bantuan Rekan Kerja Jika Dirasa Perlu

Efek liburan mungkin membuat tubuh kurang memiliki fokus sehingga memberikan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika masa-masa ini terjadi, janganlah sungkan untuk bertanya dan meminta bantuan kepada rekan kerja. Bertanya kepada rekan kerja tak selalu berarti bahwa tidak mampu untuk menyelesaikan pekerjaan, namun lebih kepada kesiapan tubuh untuk memulai bekerja setelah liburan.

 

6. Jangan Tergoda Teman

Masa-masa liburan memang memberikan efek malas kepada semua orang, tak terkecuali teman dan rekan kerja. Di saat mungkin banyak teman-teman yang masih bermalas-malasan di hari pertama kerja, jangan sampai hal ini mempengaruhi semangat kerja di hari pertama. Pertahankan semangat kerja di lingkungan kerja yang dapat membagikan semangat ke teman yang lain.

 

7. Langsung Fokus Bekerja

Salah satu hal terpenting untuk memulai kerja di hari pertama setelah liburan adalah langsung fokus bekerja. Lupakan keceriaan liburan sejeka dan mulailah fokus untuk menyelesaikan tugas dan kewajiban pekerjaan. Liburan adalah salah satu cara untuk mengembalikan semangat dan mood bekerja kembali menyala yang mungkin sudah mulai padam sebelumnya.

 

(Photo sources: Dokumentasi Internet)

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz