7 tips menabung bagi si lajang yang susah untuk menabung

23 Maret 2018 22:27 WIB

Pepatah “Hemat pangkal kaya” memang benar adanya, namun dalam kenanyataannya hal itu tidak mudah untuk dilakukan, apalagi untuk perempuan yang masih lajang. Godaan untuk membeli tote bag terbaru dengan bahan kulit yang klasik, kitten heels dengan warna-warna pastel yang manis dan banyak hal menarik lainnya, yang membuat budget untuk menabung pun tiada tersisa.

Ada beberapa hal bisa dilakukan untuk bisa menyisihkan gaji bulanan untuk menabung, antara lain :

1. Pisahkan antara rekening penghasilan dan rekening tabungan

Mungkin terdengar simple, namun dengan adanya pemisahan ini, anda bisa mengatur keuangan lebih baik. Usahakan agar tidak membuat kartu atm untuk rekening tabungan anda, sehingga tidak mudah juga untuk membelanjakannya

2. Gunakan autopay

Segera sesudah menerima transfer gaji, gunakan autopay untuk mentransfer budget uang tabungan anda ke rekening tabungan. Dengan autopay, anda tidak akan berkesempatan untuk menunda mentransfer tabungan anda dan pada akhirnya malah akan terpakai untuk keperluan lainnya.

3. Kenali hal-hal yang biasanya membuat anda boros

Hal-hal apa saja yang bisa memicu anda untuk membelanjakan uang anda? Apakah ketika anda sedang stress dengan pekerjaan di kantor, sehingga membutuhkan shopping therapy. Atau untuk menghindari waktu macet sepulang kerja anda memilih menghabiskan waktu di mall? Setelah anda mengenali hal apa saja yang memicu anda untuk belanja berlebihan, anda akan lebih mudah untuk menghindarinya atau mencari alternatif kegiatan penggantinya

4. Gunakan metode pause

Ketika anda tertarik pada sesuatu, ada baiknya untuk berhenti sejenak dan berpikir, apakah sesuatu itu akan membuat anda benar-benar bahagia, dan hal itu akan sangat berguna bagi hidup anda.

5. Tetapkan goals yang menarik

Impian petualangan yang seru di Bunaken tentunya tidak berbiaya murah, namun pasti worthed. Jadi, setiap anda ingin menambah koleksi sepatu loofer dengan warna ice cream yang sedang trend saat ini, pikirkan apakah itu sebanding dengan menyelam dalam pemandangan bawah laut Bunaken yang indah? Bahkan ketika anda hendak melakukan pengeluaran sekecil apapun, pikirkan goal anda. Apakah satu tambahan koleksi mug unik sebanding dengan menikmati kelapa muda di bawah naungan nyiur Bunaken?

6. Pahami solusi digital

Banyak aplikasi yang akan memudahkan anda untuk menabung dengan mudah. Walaupun tentu saja jangan bergantung sepenuhnya dengan aplikasi-aplikasi tersebut, namun membuatnya lebih detail dengan bantuan aplikasi, why not?

7. Mainkan aturan 1%

Aturan eskalasi otomatis bisa dilakukan untuk menjamin tabungan pensiun anda. Aturan ini akan membantu anda untuk meningkatkan jumlah tabungan anda setiap tahunnya sebanyak 1% untuk dana pensiun. Dengan transfer otomatis ke rekening tabungan yang sudah anda set setiap awal bulannya, anda bisa men set untuk meningkatkan 1% jumlahnya  setiap periode beberapa bulan. Dan dalam beberapa waktu, anda akan menyadari bahwa jumlah tabungan anda akan bertambah berkali lipat.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz