Sri Mulyani mendapat gelar menteri terbaik dunia dari World Government Summit 2018

12 Februari 2018 13:35 WIB

 

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, mendapat gelar ‘Best Minister in The World’ dari ajang World Government Summit 2018. Pada ajang tahunan yang digelar tahunan di Dubai Uni Emirat Arab sejak tahun 2013 ini, Menkeu Sri Mulyani dikenal atas usahanya melawan korupsi dan meningkatkan transparansi dalam pemerintahan, yang dilakukannya bersama tim-nya dari kementrian Keuangan Republik Indonesia. Menkeu Sri Mulyani dianggap berhasil membawa Republik Indonesia mencapai hasil nyata dalam mengurangi kemiskinan, memperbaiki taraf hidup, mengurangi hutang publik dan meningkatkan transparansi pada transaksi publik.

Penganugerahan Penghargaan dilakukan oleh Yang Mulia Shaikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri dari Uni Emirat Arab dan penguasa Dubai kepada Menkeu Sri Mulyani Indrawati pada hari Minggu, 11 Februari 2018 kemarin. Menanggapi penganugerahan penghargaan prestisius itu, Menkeu Sri Mulyani menyatakan bahwa penghargaan ini didedikasikannya kepada pemerintah Republik Indonesia di abwah pemerintahan Joko Widodo dan 257 juta Rakyat Indonesia. Tidak terlupakan juga 78.164 jajaran kementrian Keuangan Republik Indonesia, yang dianggapnya telah bekerja keras untuk mengelola keuangan Negara dengan integritas dan komitmen tinggi. Pernyataan itu ditulisnya di akun instagramnya @smindrawati.

Penghargaan prestisius ini merupakan sebuah pengakuan kepada para Menteri atas usahanya yang luar biasa untuk menunjukkan keunggulan di sektor publik, menerapkan reformasi (yang berhasil) dan bisa memberi inspirasi kepada pemimpin pemerintahan dan penyedia layanan lainnya agar mempromosikan inovasi-inovasi di daerahnya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warganya.  Penghargaan ‘Best Minister in The World’ ini merupakan hasil kerjasama antara World Government Summit 2018 dengan Ernest & Young (sekarang lebih dikenal dengan EY), sebuah firma jasa professional terbesar ketiga di dunia dan berpusat di London Inggris. Juri ahli internasional dan tokoh kunci dari berbagai organisasi internasional memilih pemenang berdasarkan seperangkat kriteria yang mencakup dampak sosial, ekonomi, skalabilitas, inovasi dan kepemimpinan dari sosok-sosok menteri yang menajdi nominasi.

World Government Summit 2018 adalah sebuah Konferensi tingkat tinggi tentang proses dan kebijakan pemerintah dengan fokus pada isu futurisme, teknologi dan inovasi, serta topik lainnya. KTT itu bertindak sebagai pusat pertukaran pengetahuan antara pejabat pemerintah, pemimpin pemikiran, pembuat kebijakan dan pemimpin sektor swasta, serta sebagai platform analisis untuk tren masa depan, isu dan peluang yang dihadapi umat manusia. KTT  yang ebrlangsung selama tiga hari ini menampung lebih dari 90 pembicara dari 150 negara peserta dan dihadiri oleh lebih dari 4000 peserta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dikenal sebagai sosok ekonom yang mumpuni dalam keuangan global. Pernah menjabat sebagai Managing Director dan Chief Operating Officer di Bank Dunia, di mana dia menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan itu dan bertanggung jawab atas operasinya di seluruh dunia  pada 2010. Pada tahun 2014, majalah Forbes memasukkannya dalam 50 orang perempuan berkuasa dunia (Forbes 50 most powerful women in the world), di mana Bu Sri Mulyani menduduki peringkat ke 38.

 

 

notes : all photo source : instagram/@worldgovsummit

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz