Pulau Bawean, surga kecil di Utara kota Gresik

6 Januari 2018 13:30 WIB

Wisata alam selalu menjadi salah satu tujuan untuk refreshing, baik bagi yang masih single maupun yang sudah berkeluarga. Thankfully, Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang bisa kita nikmati. Meskipun menikmati keindahan bawah laut Wakatobi dan Bunaken masih dalam daftar impian untuk dikunjungi tahun ini sambil menabung, tapi bukan berarti kita tidak bisa traveling dan menikmati keindahan alam lainnya. For your info ladies,  Jawa Timur memiliki tempat-tempat yang indah, salah satunya adalah Pulau Bawean, yang berada di kawasan Administrasi Gresik. Terletak 120 km dari Gresik, tempat ini memiliki beberapa kawasan wisata pantai yang indah, seperti danau, pantai, wisata bawah laut dan pulau-pulau kecilnya yang tidak berpenghuni. 

photo source : baweantourscom

 

Bagaimana cara ke Pulau Bawean?

searah jarum jam : Pelabuhan Bawean (photo source : ngopibareng) , Kapal rute Gresik Bawean (photo source : trip advisor), Kapal terbang rute Juanda Surabaya menuju Bawean (photo source : mediabawean), bandara Harun Thohir (photo source : jawapos)

Cara mencapai Pulau ini juga tidak sulit. Bisa melalui kapal laut, di mana ada kapal ferry/speed boat/ fast boat yang melayani rute Gresik ke Bawean setiap harinya, dengan jarak tempuh rata-rata empat sampai lima jam. Sementara itu, kalau ingin lewat udara, Pulau ini sudah memiliki bandara Harun Thohir, dengan jalur penerbangan dari bandara Juanda Surabaya. Dengan menggunakan pesawat Twin Otter Tipe DHC 6-300, pesawat itu berkapasitas 15 tempat duduk (12 penumpang dan 3 kru pesawat), dan melayani penerbangan menuju Bawean tiga kali dalam sepekan. Sudah ada hotel dan penginapan yang tersedia di pulau ini, walaupun belum dengan grade bintang 5, namun tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali. Ada kapal-kapal nelayan yang bisa disewa jika anda ingin mengelilingi Bawean dan pulau-pulau disekitarnya. Jika ingin perjalanan yang lebih mudah di Pulau Bawean, anda bisa menggunakan paket tour/wisata.

 

 

 searah jarum jam : Danau Kastoba (photo source :instagram/@gresiktourism) , sawah terasiring (photo source : pandunet.com), Pulau Selayar (photo source :instagram/@gresiktourism) , Pantai Makam Panjang (photo source :instagram/@gresiktourism) ; Tanjung Gha'ang (photo source :instagram/@gresiktourism) , Pulau Noko Selayar (photo source :instagram/@gresiktourism) 

Tempat-tempat di Pulau Bawean yang cantik dan instagrammable

Danau Kastoba, terletak di tengah pulau Bawean, Danau ini mempunyai pemandangan alam yang cukup asri dan rimbun dan tentu saja memiliki pemandangan alam yang indah.

Penangkaran Rusa Bawean, merupakan penangkaran hewan milik Pemerintah Gresik. Disini anda tidak hanya akan menemukan hewan rusa yang dilindungi, namun juga satwa lainnya.

Pulau Gili, Pulau Noko dan Pulau Noko Selayar adalah pulau-pulau kecil yang terletak di sekitar pulau Bawean, dengan pasir yang putih, pemandangan pantai yang cantik dan air lautnya yang bening. Uniknya lagi, ketika air laut surut, anda bisa melihat penghubung antara pulau Noko dan pulau Gili.

Tanjung Ga’an, dengan hamparan batu batu karang yang berjejer dan jernihnya air laut terlihat sampai ke dasarnya, apa lagi yang bisa anda minta? Anda juga bisa menikmati indahnya sunset dari tempat ini.

Dan banyak lagi tempat-tempat indah lainnya yang bisa dikunjungi selama anda berada di Pulau Bawean ini, seperti Air Terjun Laccar, pemandangan sawah yang berterasiring atau hanya snorkeling saja…why not?

 

 

 

 

 cover photo source : wisataku.id



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz