Pentingnya tahu Jenis Sunscreen untuk wajah

12 Maret 2018 15:47 WIB

Hidup di daerah tropis yang selalu terkena sinar matahari pasti sudah tidak asing dengan produk sunscreen. Pada dasarnya fungsi dari sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan dan radiasi sinar UVA dan UVB. Sinar UVA atau sinar ultra violet adalah penyebab utama masalah kulit seperti keriput, noda hitam dan tanda penuaan dini pada wajah. Seseorang yang sering terkena paparan sinar UVA tanpa perlindungan dapat menimbulkan kanker kulit. Sedangkan sinar UVB adalah penyebab utama ketika kulit menjadi gelap atau hitam yang biasa disebut dengan terbakar sinar matahari. Untuk menghindari semua masalah kulit tersebut, menggunakan sunscreen atau krim tabir surya adalah solusi terbaik. Namun ternyata krim tabir surya ini memilki dua jenis berbeda chemical sunscreen dan physical sunscreen. Mengetahui jenis sunscreen untuk wajah ini menjadi penting agar tahu fungsi dan cara kerja masing-masing jenisnya. Berikut penjelasan chemical dan physical sunscreen.

 

Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari efek sinar matahari dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Energi yang telah diubah itu akan dilepaskan melalui permukaan kulit. Teksturnya yang tergolong encer membuat chemical sunscreen sangat mudah untuk diserap kulit. Namun, krim tabir surya jenis ini memerlukan waktu lama untuk bisa diserap oleh kulit. Sunscreen tipe ini memiliki kandungan alkohol dan lebih rentan menyebabkan alegi pada kulit. Semakin tinggi kandungan SPF yang ada pada chemical sunscreen, resiko untuk mengalami alergi menjadi semakin tinggi juga.

 

Physical Sunscreen

Physical sunscreen memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menghalangi dan memantulkan sinar matahari di permukaan kulit. Tabir surya yang memiliki kandungan mineral aktif seperti titanium dioksida dan zinc dioksida memiliki tekstur lebih kental dan berpotensi untuk menyumbat pori-pori kulit. Physical sunscreen dapat secara langsung menangkal sinar UVA dan UVB yang menyinari kulit tanpa harus menunggu lama karena krim ini sangat mudah saat diaplikasikan pada kulit. Namun, krim tabir surya jenis ini lebih mudah terhapus dari permukaan kulit karena tidak menyerap ke dalam kulit. Penggunaan physical sunscreen relatif lebih aman digunakan. Namun, pemakaian tabir surya tak dapat memberikan perlindungan seratus persen akan efek paparan sinar matahari. Melindungi kulit dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung dapat membantu mengurangi efek buruk yang ditimbulkan dari sinar matahari.

 

Cover source: Koleksi Internet



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz