Menurut penelitian, mencium bau pasangan membuat perempuan lebih tenang

11 Januari 2018 15:58 WIB

Womanblitzers, apakah anda termasuk yang suka memakai sweater atau pakaian pasangan anda, terutama ketika pasangan anda sedang tugas atau malah tinggal di luar kota? Well, mungkin hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas British Columbia ini bisa menjawab habit itu.  Menurut penelitian diketahui bahwa mencium pakaian pasangan bisa membantu wanita untuk merasa lebih aman sehingga menurunkan hormon stress kortisolnya dan bereaksi lebih tenang ketika menghadapi situasi yang penuh tekanan.

Penelitian yang dimuat dalam the Journal of Personality and Social Psychology ini, dilakukan terhadap 96 pasangan lelaki dan perempuan. Di mana para tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Marlene Hofer memilih para perempuan yang sama menstrual cycles-nya, sehingga tingkat stress, indra penciuman dan tingkat sensitifitas terhadap stress lebih konsisten. kemudian para pasangan prianya masing-masing diberi satu kaos warna putih yang harus dipakai beraktivitas selama 24 jam, bahkan untuk tidur dan tanpa memakai deodorant. Lalu, para perempuannya dibagi dalam tiga kelompok, di mana satu kelompok diminta untuk memakai baju yang tidak pernah dipakai, lalu kelompok kedua diminta utuk mencium baju orang lain (bukan pasangannya), lalu kelompok ketiga diminta untuk mencium baju dari pasangannya (tanpa mereka mengetahui kalau itu milik pasangannya).

Setelah mencium t-shirt, mereka di minta untuk melakukan berbagai aktivitas dengan beberapa tingkatan tekanan, seperti interview pekerjaan sampai soal-soal matematika yang tidak mudah.  Lalu para peneliti kemudian mengukur tingkat kortisol mereka dan menanyakan beberapa hal untuk mengetahui apa yang mereka rasakan.

Dari hal itu diketahui bahwa perempuan yang mencium kaos pasangannya, dan tahu bahwa itu adalah bau pasangannya, lebih tenang dalam menghadapi berbagai aktivitas di atas dan level kortisol mereka lebih cepat kembali ke tingkat normal. Hal itu menunjukkan bahwa mereka lebih bisa menghadapi stres mereka dengan lebih baik. Sementara perempuan yang mencium bau asing,malah bereaksi sebaliknya. Mereka akan lebih awas dan waspada.

“Banyak orang, khususnya perempuan, melakukan ini. menurut sebuah survey (McBurney, Shoup, & Streeter, 2006), sekitar 80% perempuan dan 50% laki-laki menyebutkan bahwa mereka secara sengaja mencium bau pakaian yang pernah dikenakan oleh pasangan mereka, dan perasaan yang muncul setelahnya kebanyakan adalah rasa nyaman dan aman”. Demikian penjelasan dari Frances Chen, co-author dan asisten professor psikologi kepada phillymag.com tentang alasan mereka melakukan penelitian tersebut.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz