Menurut penelitian, menari salsa bisa membuat kita lebih pintar

6 Februari 2018 16:59 WIB

Sebuah sesi kelas salsa bisa membuat kemampuan orang untuk memahami suatu hal baru meningkat sampai 8%, kemampuan untuk fokus meningkat sampai 13% dan kemampuan untuk mengingat meningkat sampai 18%. Demikian menurut sebuah penelitian yang disiarkan melalui program The Truth About Fit di BBC.

Menurut kepala penelitan, Professor Michael Duncan dari Universitas Conventry Inggris mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menemukan olahraga maupun latihan olah badan lainnya yang memberikan hasil sangat significan peningkatan kemampuan kerja otak seperti hal ini. Hal itu bisa terjadi karena menari salsa membuat orang harus terus berkonsentrasi untuk belajar dan mengingat gerakan-gerakan baru dalam berbagai pola musik yang mengiringinya, demikian tambah Professor Duncan “Menari membuat anda tetap bergerak namun dalam gerakan yang koordinatif. Anda harus memperhitungkan langkah-langkah anda, anda harus berpikir tentang pola (gerakannya), dan anda harus memperhitungkan untuk tetap selaras dengan musik (yang mengiringinya)."

Dalam penelitian itu, para partisipan diminta untuk mengikuti kelas menari salsa selama 30 menit. Setelah itu, mereka diuji kemampuan decision-makingnya, kemampuan untuk menghindari gangguan, kemampuan dalam mengingat dan kemampuan untuk menilai kecepatan barang-barang yang bergerak. Selanjutnya, gerakan-gerakannya pun dibuat lebih kompleks dan lebih cepat dan kemudian para partisipan dinilai kembali dengan tes-tes seperti diatas.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz