Memiliki saudara perempuan bisa membantu menjadi pribadi yang lebih baik

12 Maret 2018 20:54 WIB

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh School of family Life di Brigham Young University, diketahui bahwa saudara perempuan bisa banyak mengajari anda tentang penyelesaian dari konflik, tentang empati dan bagaimana merawat orang lain. “Mereka membantu anda mengembangkan keahlian-keahlian social, seperti komunikasi, berkompromi dan bernegosiasi. Bahkan ketika ada konflik antar saudara, selama itu masih minor, bisa membantu untuk meningkatkan perkembangan pribadi yang sehat”, demikian menurut Alex Jensen, asisten professor di School of family Life di Brigham Young University dan penulis dari penelitian tentang hubungan antar saudara ini. Menurut penelitian dari BYU dan penelitian-penelitian sejenis lainnya yang dilansir dari huffington post ini, diketahui beberapa manfaat psikologis dari memiliki saudara perempuan…

 

Saudara perempuan bisa membantu meningkatkan kesehatan mental anda.

Saudara perempuan memiliki kecenderungan untuk melindungi saudaranya agar tidak merasa kesepian dan tidak dicintai. Selain itu, menurut hasil penelitian dari Universitas Brigham Young juga diketahui bahwa mempunyai saudara perempuan bisa mengajari anda tentang afeksi dan kasih.  “Bahkan jika ada pertengkaran dengan saudara perempuan, selama masih ada afeksi, sikap positif akan selalu menang. Jika sesama saudara bertengkar, mereka harus tetap mengendalikan emosi. Itulah keahlian penting yang sangat berguna kala mereka dewasa.” Demikian menurut ketua peneliti, professor Laura Padilla-Walker, kepada ABC News.

 

Memiliki saudara perempuan membantu mempertajam kemampuan interpersonal sekaligus kemampuan komunikasi anda

Mempunyai saudara perempuan bisa banyak mengajari anda tentang solusi dari konfik, berempati dan bagaimana merawat orang lain. “Menurut beberapa penelitian, diketahui bahwa memiliki saudara dengan gender yang berbeda bisa memberi manfaat saat dewasa. Banyak ikatan persaudaraan berbeda gender ini menjadi semakin dekat saat usia remaja, karena mereka menjadi sumber informasi yang baik tentang lawan jenis.” Demikian menurut Alex Jensen kepada Motherly. Sementara menurut penelitian lainnya diketahui bahwa lelaki yang memiliki saudara perempuan memiliki kemampuan komunikasi lebih baik daripada kalau mereka hanya anak tunggal maupun punya saudara dengan gender yang sama (hal ayng sama juga terjadi apda perempuan)

 

Saudara perempuan bisa mengajari anda tentang ambisi dan kemandirian dan bagaimana untuk tetap balance

Menurut penelitian yang dibuat oleh para psikolog dari Universitas Ulster Inggris pada tahun 2009 diketahui bahwa orang yang dibesarkan bersama dengan saudara perempuannya memiliki kecenderungan untuk lebih determine dan lebih mandiri daripada mereka yang hanya tumbuh bersama sudara dengan gender yang sama. Dalam penelitian yang melibatkan 571 relawan berusia 17 sampai 25 tahun itu diketahu bahwa para saudara perempuan bisa membantu saudaranya untuk mnemukan kedamaian batin, di mana mereka lebih mampu untuk mengatasi berbagai masalah dalam hidup mereka dan tidak terlalu stress menjalaninya. Hal itu bisa terjadi, karena perempuan lebih terbuka untuk berkomunikasi dan lebih ekspresif. Ekspresi-ekspresi emosional itu menajdi dasar dari kesehatan psikologis yang bagus dan itulah yang biasanya dilakukan perempuan dalam keluarganya. Demikian menurut Tony Casidy, co-author penelitian dari Universitas Ulster kepada Daily Mail.

 

 

 

cover photo source :crosswalk.com



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz