Khasiat air beras untuk rambut jadi trending topic di internet?

5 Februari 2018 17:13 WIB

Percaya atau tidak, merawat rambut dengan menggunakan air cucian beras sedang trend saat ini. Pencarian penggunaan air beras untuk pertumbuhan rambut meningkat 2000% di Google Search, dan banyak video serta blog post membahas tentang penggunaan bahan alami untuk perawatan rambut ini.

Berasal dari tradisi budaya Jepang bernama Yu-Su-Ru, dimana para perempuan di Jepang mencuci rambut mereka dengan air cucian beras untuk menguatkan rambut. Hal itu bisa terjadi karena selain mengandung protein, beras juga mengandung inositol (karbohidrat dengan rasa yang manis namun tidak semanis gula), yang menurut sebuah penelitian bisa memulihkan keadaan rambut yang rusak. Inositol akan tetap tinggal di dalam rambut meskipun kita sudah membilas air cucian beras dari rambut kita, dan berfungsi sebagai pelindung rambut dari kerusakan. Selain itu kandungan asam amino dari air cucian beras ini bisa menguatkan akar rambut, meningkatkan volumenya dan membuat rambut lebih lembut dan berkilap.

Caranya membuatnya pun cukup mudah, anda cukup menyiapkan satu cup beras, dua cup air (bisa lebih kalau rambut anda panjang dan tebal), dan saringan, pasang di atas wadah kosong.

1. Campur air dan beras sampai airnya memutih (seperti kalau kita mencuci beras untuk nasi). Biarkan selama 10 sampai 15 menit.

2. Kemudian tuangkan air cucian beras kedalam wadah yang sudah dilapisi saringan tadi

3. Setelah itu tutup wadah dan biarkan dalam suhu ruangan selama 12 sampai 24 jam untuk mengeluarkan semua vitamin dan mineralnya. Note : jangan biarkan lebih dari 24 jam ya, karena air beras itu sudah tidak bagus lagi.

4. Jika anda belum hendak menggunakannya, ada baiknya menyimpannya di dalam kulkas.

5. Untuk tetap maksimal manfaatnya, ada baiknya sebelum menggunakan, pindahkan air cucian beras secukupnya ke dalam botol kecil bekas sampoo atau toples kecil, sementara sisanya masukkan kembali ke dalam kulkas. Air cucian beras ini akan bertahan selama seminggu jika dimasukkan kembali ke dalam kulkas. 

6. Tambahkan satu atau dua cup air hangat ke dalam air beras yang hendak anda pakai karena air beras yang sudah difermentasi tidak bisa diaplikasikan langsung ke rambut dan kulit kepala. (stylecaster.com)

Anda bisa menggunakan air cucian beras yang sudah difermentasikan ini sebagai pengganti condisioner setelah keramas (dengan sedikit tambahan essential oil seperti rosemary, geranium atau lavender). Ataus ebagai air bilasan setelah mencuci rambut. Selamat mencoba…



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz