Kentalnya adat Jawa Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

8 November 2017 17:36 WIB

Putri kedua Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, kini resmi menjadi istri dari Bobby Afif Nasution setelah ijab qobul pada Rabu pagi, 8 November 2017 di Graha Saba Buana Solo. Prosesi pernikahannya sendiri sudah berlangsung sejak hari Selasa, 7 November lalu dengan berbagai kegiatan yang kental dengan budaya Jawa khas Solo.

Dalam akun instagram-nya @jokowi, diunggah foto Joko Widodo dan keluarganya memakai busana khas Jawa  berwarna orange yang menjadi seragam keluarga untuk pernikahan Kahiyang. Di mana dalam captionnya Presiden Jokowi memohon doa restu untuk pernikahan putrinya dan mengatakan bahwa perhelatan pernikahan itu bukan sesuatu yang mewah dan hanya berupa ‘hajatan a la orang kampung’.

photo source : instagram/@jokowi

Memang, untuk perhelatan pernikahan Putri Presiden, acara ini dikemas dengan sederhana. Semua urusan perencanaan dan perhelatan diurus oleh  Gibran, putra sulung Jokowi selaku Ketua Panitia dan juga pemilik wedding organizer Chilli Pari yang mengurus pernikahan Kahiyang. Gedung tempat diadakan acara-pun milik keluarga Jokowi, yang kapasitasnya sekitar 1500 orang, sehingga wajar saja kalau tamu undangan dibagi sampai lima shift.

Prosesi menjelang pernikahan tampak sangat kental budaya Jawa nya. Dalam beberapa foto yang diabadikan oleh All Season photo pada hari Selasa 7 November kemarin, tampak Presiden Jokowi dan Bu Irina memasang bleketepe yang dilanjutkan siraman beserta sungkeman serta jualan dawet. Kemudian dilanjutkan pada malam harinya saat Kahiyang melangsungkan midodareni. Demikian juga dengan upacara akad dan temu panggih pada hari Rabu, 8 November 2017.

allseasons_photo.com

Semuanya pun serba lokal, dari baju pernikahan, baju dan selop seragam pernikahan untuk keluarga, MC, juru rias sampai makanan yang disajikan saat midodareni dan resepsi. Gibran mengungkapkan bahwa sajian makanan untuk pernikahan adiknya adalah menu Jawa, seperti tengkleng, sate kere, cabuk rambak, gudeg, nasi liwet, serabi, ledre dan beragam jajanan pasar. Sementara minumannya ada beras kencur dan gula asam.

Namun meskipun terkesan sederhana untuk ukuran Presiden, tidak mengurangi keanggunan prosesi dan resepsi yang kental dengan budaya Jawa itu, dari arakan pengantin yang mengenakan kereta kencana sampai dekorasi pelaminan dengan gebyok khas Jawa berwarna coklat jati dengan hiasan berbagai bunga dan buah. Banyak tamu undangan yang memuji keanggunan dan keunikan resepsi pernikahan Kahiyang dan Bobby ini.

photo source : paling atas : instagram/@solonearby ; 3 bawah : instagram/@agendasolo

dekorasi pelaminan Kahiyang dan Bobby

photo source : instagram/@asmoro_decoration

 

cover photo source : instagram/@thebridesdiary



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz