5 kebiasaan yang bisa merusak kesehatan rambut dan solusinya

28 Desember 2017 11:33 WIB

Mempunyai rambut sehat, mudah diatur dan berkilau adalah impian setiap wanita. Banyak cara kita lakukan tanpa menyadari bahwa ada hal-hal yang biasa kita lakukan bisa merusak kesehatan rambut kita. Apa saja? Yuk mari kita cek dari list di bawah ini…

 

Mengeringkan rambut menggunakan handuk

Menurut situs kecantikan Byrdie, kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk biasa bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Karena ketika kita menggosok rambut basah kita dengan handuk sama saja dengan mempelakukan lapisan kutikula rambut dengan kasar. Cara lebih baik untuk mengeringkan rambut adalah dengan memerasnya (dengan lembut) menggunakan handuk berbahan microfiber atau t-shirt anda. Anda juga bisa membungkusnya, membentuk turban, kemudian memerasnya dengan perlahan untuk mengeringkannya.

Jacquelle microfiber glove towel, Sephora, Rp. 139.000,- (Sephora.id)

 

Menyisir rambut yang basah

Serat rambut mengandung moisture, ketika basah mereka lebih elastis dan lebih mudah patah. Ada baiknya untuk membiarkan rambut kering alami terlebih dahulu selama 10 sampai 15 menit sebelum menyisirnya dengan menggunakan jari-jari anda atau dengan menggunakan sisir lebar yang memang khusus untuk menyikat rambut basah agar tidak kusut dan tidak menyebabkan kerusakan seperti patah dan rambut pecah-pecah. Sisirlah rambut dari bagian ujungnya untuk mengurai rambut yang kusut, lalu perlahan naik. Ulangi prosesnya sampai anda bisa menyisir rambut dengan mulus dari bagian kulit kepala sampai ujungnya.

The Body Shop Detangling Comb CT Birchwood, Rp. 69.000,-

 

Memasang hair dryer/ catokan dengan temperature terlalu panas

Terkadang ketika diburu waktu, kita mengeringkan rambut dengan cara yang dianggap cepat dan praktis, yaitu mem-blow dry rambut saat masih basah. Padahal hal itu bisa merusak rambut. Tunggu rambut sampai 60% kering sebelum menggunakan blow dry atau flat iron (catokan). Blow dry sambil sisir menggunakan tangan dahulu sebelum dengan sikat rambut. Menurut stylecaster, suhu paling aman untuk memblow-dry atau mencatok rambut anda adalah sekitar 365˚F atau sekitar 185˚Celcius.

GHD deluxe set- GHD V Gold Classic & GHD Air® , Rp. 4.950.000,- (Sephora.id)

 

Trimming : kunci rambut sehat

Trimming adalah hal yang sangat penting agar rambut tetap tumbuh sehat. Ada yang mengatakan untuk rambut lebih ceepat memanjang, harus melakukan trim setiap 6 sampai 8 minggu. Namun hal itu belum tentu benar, karena siklus pertumbuhan rambut orang per orang itu berbeda. Ada baiknya menunggu, paling tidak sampai sekitar 3 sampai 4 bulan di mana saat itu ujung rambut mulai pecah-pecah (stylecaster).

L’oreal Paris Extraordinary Oil Eclat Imperial High Shine Oil Pink, 30 ml, Rp. 110.000,-

 

Mengikat rambut terlalu kencang dan sering

Tinggal di daerah tropis dengan cuaca yang panas dan lembab, membuat kita sering mengikat rambut untuk alasan praktis. Bahkan kadang, untuk si pemilik rambut yang lurus, mengikat rambut ponytail terlalu kencang agar tidak mengulang melakukannya berulang-ulang. Padahal mengikat rambut terlalu kencang tidak baik untuk kulit kepala dan bahkan bisa merusak akar rambut. Bahkan kalau terlalu sering mengikatnya dengan kuat, bisa-bisa rambut kita akan mengalami kebotakan. Jadi ada baiknya untuk tidak mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang. untuk menjaga agar rambut tetap kuat anda bisa mengkonsumsi makanan alami seperti pisang, oats dan kismis yang mengandung mineral yang baik untuk membuat rambut lebih kuat. Atau bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan ini.

The Body Shop Banana Shampoo, 250 ml, Rp.99.000,-



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz