7 hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit leher

1 Februari 2018 17:51 WIB

Sebagai perempuan, menjaga kecantikan dan kesehatan penampilan kulit wajah sudah menjadi rutinitas sehari-hari ya womanblitzers. Namun pernahkah anda mengingat untuk merawat leher anda? Karena disadari maupun tidak, leher merupakan salah satu penunjang penting dalam keseluruhan penampilan kita. Jangan sampai wajah masih kelihatan halus dan kencang namun kulit leher sudah berkerut.

Kulit di leher kita mempunyai lapisan kulit paling tipis di tubuh (mirip dengan kulit tipis di sekitar mata), yang berarti ekstra sensitif, terutama pada sinar matahari. Saat sinar matahari mengenai bagian kulit yang tidak terlindungi, maka hal itu bisa menyebabkan kerusakan yang menyebabkan kehilangan kolagen (kolagen adalah protein yang memberi struktur dan dukungan pada rambut, kulit, kuku, tulang dan lainnya). Ketika kolagen itu mulai terlepas, kulitnya akan menjadi lebih tipis lagi. Sehingga pada akhirnya, tidak ada lagi support kolagen untuk kulit itu membuatnya berkerut atau tampak tidak segar lagi.

Tentu saja tidak hanya sinar matahari, faktor lingkungan lainnya dan dari kulit itu sendiri juga perlu untuk lebih diperhatikan. Leher mempunyai kelenjar minyak yang bisa jadi overproduktif, pori-pori nya juga bisa menjadi buntu dan masalah lainnya. Itulah sebabnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit leher itu penting. Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk menjaga kulit leher agar tetap lembab dan sehat

 

1. Jangan lupa membersihkan dan mencuci kulit leher 

Selain membersihkannya dengan cleanser, kulit leher juga menjadi bagian kulit yang perlu dicuci dengan face wash. Menggunakan sabun mandi dengan pH balance juga bisa dilakukan terhadap kulit leher, namun ada baiknya menghindari sabun dengan bahan yang ‘keras’ 

2.Pijatan akan sangat berguna untuk kulit leher

 Kulit leher juga perlu dipijat, tapi jangan terlalu lama 10 sampai 15 menit sudah cukup. Dan perlu juga diperhatikan arah saat melakukan massage. Lakukan massage dengan kedua tangan, dengan arah dari leher bawah menuju ke atas dengan arah vertikal. Jangan melakukan dengan arah yang sebaliknya, atau dengan gerakan circular ya, karena lapisan kulitnya yang lebih tipis dari bagian tubuh lainnya. 

3. Leher juga butuh diberi pelembab 

Kulit di leher juga perlu untuk diberi toner dan pelembab, apalagi pelembab yang kaya kandungan vitamin E-nya. Minyak juga bagus untuk meremajakan kulit leher. Pilih minyak yang kandungannya tidak berat dan murni, misalnya minyak zaitun, minyak chamomile, sweet almond oil, rose oil dan eucalyptus oil. Minyak kelapa juga boleh, namun karena kandungannya yang cukup berat, ada baiknya menggunakannya dalam jumlah yang sedikit dan memberinya campuran air hangat sebelum mengaplikasikannya pada kulit leher. 

4. Kulit leher butuh eksfoliasi

Gunakan exfoliator yang lembut. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan campuran almond bubuk dan susu. Mengingat tipisnya lapisan kulit di leher, perlu diperhatikan juga cara pengaplikasiannya. Mulai dari bagian yang paling dekat dengan pundak dan bergerak ke atas. lakukan proses ekfoliasi ini hanya dalam waktu lima menit saja, empat kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal.

5. Leher juga perlu masker

Tidak hanya kulit wajah, kulit leher pun juga perlu diberi masker. Namun tidak semua masker bisa diaplikasikan pada leher. Masker terbaik adalah yang berbahan buah. Sementara untuk penggunaan masker berbahan lumpur dan tepung terigu (atta) ada baiknya jangan sampai dibiarkan sampai mengering pada kulit leher.

6. Gunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori di leher

Cara terbaik (dan termudah) untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan menggosok kulit wajah dan kulit leher anda dengan es batu. Lakukan setiap hari selama 15 menit untuk mengurangi kerutan pada kulit wajah dan terutama kulit leher. 

7. Perlindungan SPF itu wajib untuk kulit leher

Gunakan pelembab dengan SPF 30 untuk melindungi kulit wajah dan leher anda dari paparan sinar matahari yang berlebihan.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz