cerdas bersosial media

10 Juni 2017 15:34 WIB

Sejak tahun 2015 lalu, tanggal 10 Juni ditetapkan sebagai Hari Sosial Media oleh Handi Irawan D., seorang pakar pemasaran Tanah Air. Adanya hari tersebut tentu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya edukasi mengenai sosial media.

Berdasarkan penelitian Smart Insight per Januari 2016 lalu, 46 persen penduduk Bumi sudah terkoneksi dengan Internet dan 31 persennya sudah menjadi pengguna aktif sosmed. Itu berarti ada 2,31 miliar manusia yang aktif menggunakan sosial media. Lebih lanjut, 1,97 miliar-nya mengakses sosmed dari smartphone mereka.

Sayangnya masih banyak para pengguna sosmed yang kurang cerdas dalam menggunakan aplikasi tersebut. Apalagi beberapa waktu terakhir, saat pemilihan Gubernur Jakarta mulai digelar, aksi “status war” mulai berlalu lalang di sosmed. Dan hingga kini kasus-kasus berbau provokatif semakin marak di sosial media, bahkan merembet di dunia nyata.

Nah, berikut ini beberapa tips pintar yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan sosial media.

Filter pertemanan anda

Hal ini dimaksudkan untuk tidak asal menambahkan atau menerima pertemanan yang kemungkinan membawa efek negatif bagi sikap anda dalam menggunakan media sosial. Selain itu juga melindungi diri anda dari tindak-tindak kejahatan yang saat ini banyak sekali terjadi seperti penculikan atau pun pemerasan yang kebanyakan bermula dari sosial media.

Pikir dahulu sebelum membuat status

Sebaiknya memang tidak membuat status yang memancing pihak lain untuk merespon negatif, banyak sekali hal-hal bermanfaat yang dapat dijadikan status atau mungkin hanya sekedar berkomunikasi dengan sahabat.

Jauhi perdebatan

Perdebatan yang membawa kegunaan atau dapat menambah wawasan mungkin masih bersifat positif, namun jika sudah mengarah pada hal yang tidak sehat segera abaikan saja. Jangan buang waktu anda untuk meladeni hal yang tidak penting.

Pastikan akun anda terproteksi dengan baik

Nah, pastikan akun Anda terproteksi dengan baik dengan kata sandi yang hanya Anda yang mengetahui, atau dapat juga Anda tambahkan lapisan keamanan lain agar Anda bisa nyaman dan aman menggunakan media sosial. Karena bisa saja oknum-oknum nakal membajak akun anda dan menggunakannya untuk keperluan negatif. Namun dampaknya justru anda yang merasakan.

Yuk mulai sekarang kita manfaatkan media sosial dengan baik dan bijaksana!

Share yang penting, bukan yang penting share.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz