brand fashion ini menggunakan karung semen sebagai salah satu bahannya

5 Maret 2018 09:42 WIB

Womanblitzers, banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan daur ulang. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh brand Elephbo dari Swiss. Brand ini mendaur ulang karung semen dan memadukannya dengan bahan kulit dari Italia untuk menjadi tas, dompet dan sepatu yang fashionable.

Elephbo didirikan oleh seorang traveler berkebangsaan Swiss, Nicolas Huxley, pada tahun 2014. Ide membuat fashionable streetwear ini muncul saat Nicolas berada di Kamboja. Saat ini Nicolas melihat banyaknya sampah karung semen yang berwarna-warni. Sampah-sampah cantik ini menginspirasi Nicolas untuk mendirikan "Elephbo." Karung semen bisa di daur ulang menjadi produk fashion karena ringan tapi robust, Dan print-nya dengan berbagai merek Dan warna membuatnya menarik untuk diolah menjadi produk fashion.

Mengumpulkan karung semen bekas dari berbagai tempat di Kamboja, mencucinya tanpa menggunakan bahan kimia apapun, mengeringkannya, kemudian memotongnya menjadi beberapa bagian. Kemudian karung-karung ini dikirim ke Bosnia Eropa untuk dibuat menjadi produk fashion yang sustainable. Untuk itu, Nicolas bekerjasama dengan produsen lokal dari Kamboja dan Bosnia dalam kerjasama yang fair dan memperhatikan kesejahteraan para pekerjanya. Nicolas juga bekerjasama dengan NGO (Non Government Organisation) dari Kamboja, Naga Earth, yang membantu membuat ruang workshop yang kreatif sekaligus sustainable, misalnya batu bata yang digunakan menggunakan plastik yang didaur ulang dan sebagainya.

Awalnya Nicolas bersama dengan desainernya Giulia Pananisi hanya ingin membuat tas-tas yang fashionable. Namun ternyata produk mereka banyak diminati, sehingga mereka membuat produk fashion streetwear lainnya seperti sepatu, dompet, topi dan jaket.

 

 

 

all photo source : instagram/@elephbo



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz