Berat Badan Malah Naik Selama Puasa, ini penyebabnya

15 Juni 2017 13:27 WIB

Bulan Ramadhan telah berjalan lebih dari setengah bulan. Tentu banyak diantara anda yang sudah merasakan manfaatnya seperti penurunan berat badan. Namun tak sedikit pula yang di bulan puasa ini berat badan justru bertambah. Padahal puasa juga belum ada yan bolong, lalu apa penyebabnya?

Dilansir dari Khaleejtimes, berikut ini tujuh penyebab berat badan naik selama berpuasa:

1. Makan berlebihan saat berbuka

Setelah belasan jam berpuasa, biasanya seseorang tidak dapat menahan godaan untuk melahap segala makanan yang ada dihadapan setelah waktu buka tiba. Imbasnya berat badan justru bertambah. Karena itu, ketika maghrib tiba, batalkan puasa dengan porsi secukupnya.

2. Makan terburu-buru

Berbuka puasa lalu salat Maghrib, kemudian waktu Isya datang. Tempo yang sempit ini membuat seseorang makan terburu-buru sehingga dia tak mengunyah dengan sempurna.

3. Buka puasa dengan makanan berat

Makanan yang mengandung karbohidrat serta kadar gula dan garam tinggi kerap menjadi pilihan pertama saat berbuka puasa. Ketika membatalkan puasa, santaplah buah, salad, atau sup lebih dulu karena makanan jenis ini rendah kalori dan membuat kenyang.

4. Kurang minum

Minumlah setidaknya delapan gelas air saat berbuka atau sahur.

5. Malas bergerak

Puasa menjadi alasan orang malas bergerak. Padahal, aktivitas fisik akan membantu membakar kalori.

6. Apapun dilahap

Perut kosong bukan berarti kita bisa melahap semua makanan yang tersedia. Tetaplah selektif dalam menyantap makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Pilih makanan yang rendah lemak, tanpa minyak, dan alami.

7. Makan terus-menerus

 

Makan berat saat berbuka atau setelah Tarawih akan membuat tubuh kelelahan karena kekenyangan. Lagipula setelah salat Tarawih, biasanya seseorang akan tidur sampai waktu sahur tiba.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz