Bahasa kasih anak untuk waktu keluarga yang berkualitas

21 September 2017 04:40 WIB

“Waktu keluarga yang berkualitas adalah waktu yang dihabiskan dengan memberikan perhatian penuh tanpa gangguan”. Demikian penjelasan Psikolog Elizabeth Santoso M.Psi., Psi., ACC dalam jumpa pers event  Happy Wonderland yang diselenggarakan oleh Nestlé Lactogrow di Tunjungan Plaza 3 weekend 16 sampai 17 September 2017 lalu.

Waktu berkualitas keluarga adalah salah satu bagian dari pola pengasuhan yang bisa memberi efek positif terhadap perilaku sosial dan emosional serta perkembangan kognitif anak. Anak yang merasakan waktu berkualitas bersama kelaurga akan tumbuh menjadi anak yang penuh kasih sayang, ramah adaptif dan mudah berteman. Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, anak bisa belajar tentang nilai keluarga dan bisa lebih mengenal tentang dirinya sendiri.

Menurut Elizabeth ada lima bahasa kasih Anak (Love Languages of Children), yaitu affirmasi dengan menyampaikan kata-kata yang memotivasi atau mendukung, waktu berkualitas dengan menjadi pendengar yang baik bagi anak dengan  misalnya menjaga kontak mata, sentuhan fisik seperti pelukan dan belaian,  memberikan apresiasi misal melalui hadiah ketika sang anak berprestasi dan terakhir melayani atau membantu si kecil dalam melakukan suatu kegiatan.

“Dengan mengaplikasikan 5 bahasa kasih anak pada saat bermain, diharapkan anaka kan merasa lebih dicintai dan bahagia. Setip anggota keluarga yang tinggal di bawah satu atap memiliki memiliki dinamika emosi yang serupa dan saling mempengaruhi. Karenanya, apabila anak tumbuh bahagia, maka orang tua tentu saja akan merasakan kebahagiaan yang dipancarkan oleh sang anak.” Demikian menurut Elizabeth.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz