6 bahan makanan yang akan menjadi trend di tahun 2018

12 Januari 2018 17:29 WIB

Trend terus berputar dan berganti, dari fashion, beauty, travel sampai makanan. Yup, pilihan tentang apa yang kita makan juga dipengaruhi oleh pasang surut dan tren dengan selera dan tekstur yang bisa dikatakan unik. Setiap tahun, ribuan resep makanan diciptakan dan dibagikan, baik melalui blog, sosial media, majalah, cookbook maupun pilihan menu restoran. Mereka membentuk apa yang diinginkan dan yang tidak lagi dinginkan. Dan inilah beberapa bahan makanan yang akan menjadi trend di tahun 2018 ini. Let’s check it out…

 

 

Pandan

Menurut TV Chef terkenal asal Inggris, Nigella Lawson “pandan is the new matcha.” Hal itu dinyatakannya di atas panggung di Cheltenham Literary Festival bulan Oktober 2017 lalu. Dan kalau Nigella yang mengatakannya well…itu biasanya memang terjadi. Nigella membuat penjualan buah alpukat naik 30% ketika dia membuat tutorial resep makanan dengan menggunakan bahan alpukat di TV beberapa wwaktu yang lalu. “Saya belum tahu darimana asal makanan ini. namun saya melihat bahwa semakin banyak orang Amerika yang menggunakan essense pandan untuk masakan mereka”, demikian menurut Nigella. Pandan merupakan salah satu bahan dapur asal Asia Tenggara. Dikenal dengan rasanya yang manis dan tajam dengan sedikit rasa mirip vanilla yang membuatnya unik, plus bisa dibuat menjadi bahan pewarna, membuat daun wangi ini bisa jadi populer dan trendi di Inggris dan Amerika Serikat. Dan kita akan segera melihat resep olahan makanan dan minuman dari daun ini bertebaran di social media.

 

Alpukat

Meskipun Nigella Lawson sudah menunjukkan trend  bahan makanan terbaru, namun alpukat masih akan menjadi makanan yang populer di tahun 2018. Menurut survey yang dilakukan terhadap para ahli diet oleh Pollock Communication, alpukat menjadi salah satu makanan paling dianjurkan oleh para ahli diet untuk klien mereka. Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan lemak sehat dan banyak mengandung vitamin dan mineral.

 

Bunga-bunga

Atau lebih tepatnya adalah bunga-bunga yang bisa dimakan (edible flower). Menurut Whole Foods dan The National Restaurant Association, dan  bunga menjadi bahan makanan paling hits pada tahun 2018 ini. Kita akan banyak menemukannya dalam campuran salad, sup dan makanan lainnya tanpa khawatir dengan kandungan kalorinya (95% kandungan pada kelopak bunga adalah air). Sebenarnya menurut food kultur dibeberapa wilayah, yaitu di Eropa, Asia dan timur tengah, banyak membuat makanannya dengan campuran bunga. Misalnya bhaklava, kue tradisional asal Turki ini menggunakan sirup dari air mawar atau dari orangeblossom untuk menambah rasanya.

Selain penambah rasa, bunga dianggap bisa menambah variasi warna pada makanan yang membuatnya menjadi lebih menarik. Lavender, hibiscus (bunga sepatu), mawar dan elderflower (kembang girang) akan banyak terlihat diberbagai campuran makanan di tahun 2018 ini. demikian juga untuk minuman, dari hibiscus tea yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan sampai menambah kesegaran pada campuran popsicle homemade anda.

 

 

Super powders

Bubuk matcha, bubuk kunyit, bubuk cacao dan bubuk superfood lainnya diprediksi menjadi salah satu bahan makanan paling diminati pada tahun 2018. Karena bahan makanan ini mudah dicampurkan ke dalam makanan dan tau minuman lainnya, dari sup, cake dan kue sampai latte dan smoothies.

 

 

Jamur

Selain bunga dan superpowder, jamur juga akan menjadi trend di tahun 2018. Dikenal sebagai salah satu bahan yang banyak dipakai oleh Tabib di China sejak jaman dahulu kala, beberapa jenis jamur yang dikenal dengan functional mushroom, seperti reisi, chaga, cordyceps dan lion’s mane; kaya kandungan antioksidan, mineral dan vitaminnya. Bahan jamur ini banyak dipakai untuk berbagai produk makanan dan minuman yang memberi manfaat untuk kesehatan. Selain itu kaldu jamur juga makin banyak diminati sebagai bahan campuran makanan. Bahkan kini sudah ada mushroom coffee dan hot cocoa yang dijual secara sachet. Selain itu, banyak restoran di mancanegara yang mengembangkan minuman dan makanan dari jamur.

 

 

Produk-produk makanan berbahan tanaman

Trend makanan vegetarian akan semakin banyak digemari tahun ini, sehingga banyak restoran dan produsen makanan menciptakan makanan-makanan yang menarik yang dibuat dari bahan tanaman. pengembangan ilmu pengetahuan dan resep-resep terbaru, membuat para pecinta daging dan susu untuk tertarik dan bisa menikmatinya. Seperti misalnya sushi-grade dengan bahan pengganti tuna yang terbuat dari tomat, kacang-kacangan untuk mengganti daging pada burger dan sebagainya. Kelebihan Makanan-makanan ini adalah rendah kalori dan kaya kandungan proteinnya.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz