5 bahan alami untuk mengatasi masalah dark circles di sekitar mata

15 Maret 2018 17:44 WIB

Mata yang segar menjadi salah satu faktor penunjang penampilan kita. Salah satu hal yang bisa membuat mata tampak tidak segar adalah garis hitam disekitar kelopak mata. Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini, antara lain kebiasaan tidur, diet, alergi, genetik bahkan sirkulasi darah yang kurang baik bisa menjadi faktor-faktor penyebab timbulnya gars hitam di sekitar mata.

Menurut situs kecantikan Byrdie, ada lima bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan dark circles di sekitar mata kita, yaitu :

 

1. Minyak ikan

Menurut ahli kecantikan Athena Hewett dari San Fransisco Amerika Serikat, minyak ikan mengandung lemak omega 3 yang bisa membantu sirkulasi darah. Mengkonsumsi pil minyak ikan bisa membantu sirkulasi darah bergerak lebih smooth ke seluruh tubuh dan tidak berhenti sebentar di area bawah mata. Tapi memang konsumsi minyak ikan dalam bentuk pil ini memerlukan waktu beberapa saat sebelum menunjukkan hasil yang signifikan. 

2. Mengkonsumsi telur rebus

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kurangnya asupan oksigen dalam darah, yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh jaringan-jaringan di mata dan sekitarnya. Dengan mengkonsumsi telur rebus yang kaya kandungan zat besi, bisa membantu mencegah terjadinya garis hitam, terutama setelah begadang. 

3. Gunakan kantung teh yang sudah didinginkan

Salah satu penyebab timbulnya kantung mata dan garis hitam adalah kelebihan cairan pada jaringan penghubung yang berada di bawah mata. Kantung teh dari jenis teh hijau, teh merah maupun teh hitam bisa dipakai untuk membantu meredakannya, karena kandungan kafeinnya membantu menyusutkan pembuluh darah dibawah jaringan kulit, dan hal itu bisa membantu mengurangi kantung mata dan menghilangkan garis hitamnya. Kantung teh yang sudah didinginkan juga membantu untuk menyusutkan pembuluh darah. 

4. Tingkatkan sirkulasi dengan mentimun

Mentimun memang sangat berkhasiat untuk meredakan kantung mata dan garis hitam, karena mentimun mempunyai kandungan alami untuk mendinginkan yang pastinya sangat berguna untuk meningkatkan sirkulasi. Letakkan seiris diatas mata atau bentuk irisan mentimun seperti bulan sabit untuk diletakkan di area bawah mata dan nikmati lima menit proses soothing-nya. 

5. Pijat dengan minyak zaitun

Oleskan minyak zaitun disekitar tulang orbital mata anda dengan gerakan circular/melingkar. Mulai dari sudut luar mata bergerak menuju ke sudut dalam, melewati daerah atas alis. Ulangi sebanyak lima kali. Pijatan ini akan menstimulasi sirkulasi. Selain minyak zaitun, anda juga bisa menggunakan minyak biji anggur yang kaya kandungan antioksidan dan anti-inflammatory dengan cara yang sama.

 

 

 

cover photo source : wikipedia



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz