Awas! Depresi dapat memicu bipolar

13 April 2018 13:30 WIB

 

Bipolar disorder adalah penyakit mental yang ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem dari maniac (high mood) ke depresi (low mood). Kondisi ini juga disebut sebagai bipolar disease atau maniac depression.

Gejala umumyang menandai seorang terkenal bipolar disorder biasanya penderita memiliki mood swing yang sangat ekstrem yang memicu hiperaktif dan depresi yang parah. Seorang yang memiliki bipolar disorder biasanya mudah marah, resah, agresif, mengalami openurunan berat badan, memiliki gangguan tidur dan masih banyak lagi penanda seorang yang mungkin memiliki gangguan mental ini.

Bipolar disorder sendiri memiliki beberapa jenis atau tipe, diantaranya bipolar disorder tipe I dan II.

Bipolar Disorder tipe I adalah jenis disorder yang paling parah karena sang penderita akan mengalami maniac episodes yang akan bertahan setidaknya selama seminggu, jelas Dr. Kevin Gilliland seorang psikolog klinis dan executive director dari Innovation360.

Maniac episode adalah gejala yang sangat menggangu kehidupan seseorang,” jelas Dr. Kevin. Seorang yang mengalami maniac episodes sering kali pikirannya sedang tertekan, berbicara sangat cepat melebihi seorang yang banyak bicara. Pada kasus yang parah penderita bahkan akan mengalami gangguan tidur yang tidak memiliki waktu tidur dalam beberapa hari, namun mereka merasa telah cukup beristirahat dan energik, yang seharusnya seseorang tidak merasa seperti itu. Penderita gejala maniac biasanya mudah untuk teralihkan dan juga bisa menjadi sangat fokus akan pada tujuan projek yang biasanya sangat berbeda dengan apa yang dilakukan pada kehidupan sehari-hari.

Bipolar disorder tipe I juga disertai dengan gelaja depresi yang parah, karakteristik yang bipolar disorder tipe II juga miliki. Namun, yang membedakan antara kedua tipe bipolar disporder ini adalah bipolar tipe II memiliki tingkat gelaja maniac yang lebih rendah yang disebut hypomania.

Gejala hypomania menyebabkan mood seorang yang berubah-ubah. Para penderita bipolar disorder tipe II ini biasanya jarang kompain akan hal ini, karena mereka akan lebih dapat menyelesaikan pekerjaan dan terkadangan mereka akan memiliki tingkat kreatifitas yang lebih tinggi, namun semua itu adalah efek dari hypomania.


Cover source: weincluded.com

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz