Alam membuat manusia lebih bahagia?

11 November 2017 09:23 WIB

Sebuah penelitian menemukan bahwa melihat unsur alam dan menghabiskan waktu di luar ruangan bisa meningkatkan kebahagiaan. Misalnya ketika melihat pohon saat bis yang kita tumpangi berhenti, atau melihat serombongan burung berterbangan di langit. Universitas British Columbia (UBC) melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui efek ketika selama dua minggu manusia terpapar oleh alam. 395 mahasiswa undergraduated diminta untuk mendokumentasikan bagaimana alam mempengaruhi mereka dalam kehidupan rutin mereka. Mereka diminta untuk mengambil foto dari hal-hal yang menarik perhatian mereka dan menulis catatan pendek tentang perasaan mereka terhadap hal itu. 

Sementara kelompok kedua diminta untuk melihat barang-barang buatan manusia dan mendokumentasikannya seperti kelompok pertama. Sementara kelompok ketiga tidak melakukan apapun dan meneruskan kegiatan harian mereka seperti biasanya.

Dari hal ini, para peneliti menemukan bahwa mereka yang berinteraksi dengan alam meningkat emosi positifnya, rasa conectednessnya dengan manusia lain dan alam dan kehidupan di sekitarnya, dibandingkan mereka yang mendokumentasikan barang-barang ciptaan manusia maupun mereka yang tidak melakukan apapun.

Jadi tunggu apalagi womanblitzers, jalan-jalan yuukk….



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz