Air hangat dan Lemon bisa merusak kesehatan gigi?

26 Desember 2017 23:01 WIB

Womanblitzers, tahukah anda bahwa ternyata mengkonsumsi air hangat dan lemon di pagi hari bisa merusak kesehatan gigi anda? Kebiasaan mengkonsumsi lemon dengan air hangat di pagi hari menjadi pilihan karena kandungan vitamin C-nya membantu meningkatkan system ketahanan tubuh  sekaligus mendorong produksi empedu untuk membantu pencernaan. Namun ternyata mengkonsumsi lemon bisa membuat penipisan gigi dan membuat warnanya menjadi lebih gelap. Demikian menurut sebuah artikel yang dimuat di Dailymail.com.

“sari lemon sangat berbahaya bagi mulut kita kalau kita mengkonsumsinya seperti ini. menyeruputnya sepanjang hari, setiap hari, yang berarti kandungan asamnya akan secara konstan mengenai gigi kita.” Demikian menurut Dr Ben Atkins dari Oral Health Foundation kepada Daily Mail

Hal itu juga disetujui oleh Dr Rhona Eskander, Best Young Dentist Winner 2016 dari Inggris  “Lemon itu mempunyai kandungan asam yang sangat besar yang bisa melemahkan enamel pada gigi dan pada akhirnya akan larut dan rusak karena sifatnya yang rentan terhadap asam.” Demikian penjelasannya kepada Daily Mail.

Namun Dr. Eskander juga memberi solusi untuk mengurangi efek asam terkena pada gigi, bisa dengan meminumnya menggunakan sedotan untuk mengurangi efek paparan langsung asam terhadap gigi. Bisa juga dengan mengunyah permen karet bebas gula segera sesudah minum air lemon itu untuk menstimulasi saliva yang bisa menetralkan keasamannya. Dr. Eskander juga menyarankan untuk tidak menyikat gigi anda setelah minum lemon dan air hangat karena hanya akan merusak enamel, lebih baik menyikat gigi sebelum meminumnya untuk menciptakan kandungan fluoride yang bisa membantu memberi lapisan perlindungan terhadap asam.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz