agar dompet aman di bulan ramadhan

9 Juni 2017 20:44 WIB

Bulan Ramadhan telah tiba, waktunya bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa. Jika dihitung secara logis, pengeluaran selama bulan puasa seharusnya menurun karena pengeluaran untuk makan akan berkurang, dari yang biasanya membeli camilan, makan 3 kali sehari, menjadi hanya 2 kali dalam sehari. Namun apakah betul begitu? Ternyata, tidak juga. Berdasarkan pengalaman banyak orang, selama bulan puasa ini malah pengeluaran jadi melonjak 2 hingga 3 kali lipat. Mengapa? Hal ini dikarenakan anda akan lebih sering melakukan aktivitas bersama teman-teman maupun keluarga selama bulan ini. Nah, agar keuangan tetap aman, simak tips-tipsnya yuk.

1. Buat Daftar Menu Selama Satu Bulan

Di bulan Ramadhan ini anda harus lebih menata menu makanan setiap harinya saat sahur maupun berbuka. Cantumkan juga bahan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlah yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan anda dalam menghitung estimasi pengeluaran selama sebulan. Selain itu, anda tidak akan memiliki sisa makanan berlebih, jadi tidak ada makanan yang terbuang dan lebih hemat.

Tips:  Biasakan untuk mencatat menu sahur dan berbuka, dengan begitu kita menjadi lebih jelas saat berbelanja dan terhindar dari sifat boros. 

2. Belanja Kebutuhan Langsung Untuk Sebulan Kedepan

Harga bahan pokok makanan selama bulan Ramadhan diprediksikan akan terus meningkat. Hal ini sudah menjadi hal yang sangat umum dan anda pasti sudah tahu akan hal ini. Kenaikan harga ini akan berdampak besar pada membengkaknya pengeluaran bulanan anda. Bagaimanapun juga, anda akan selalu butuh bahan pokok makanan tersebut.

Supaya bisa berhemat anda harus berbelanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga anda tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya dalam posisi mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanja juga jadi efektif.

Tips: Manfaatkan promo atau diskon yang ada di supermarket saat belanja, ini akan membuat pengeluaran anda saat belanja lebih hemat. Apabila tidak terbiasa belanja untuk keperluan sebulan, upayakan untuk belanja mingguan dan selalu membawa catatan apa saja yang perlu anda belanjakan.  

3. Batasi Berbuka Puasa Di Luar

Saat bulan puasa, anda akan sering menerima ajakan untuk buka bersama atau lebih dikenal BukBer oleh teman kerja, keluarga, bahkan reuni masa sekolah. Hal ini sangat boleh dilakukan, karena merupakan bagian dari silaturahmi dengan orang lain. Tapi jangan sampai keseringan melakukan buka puasa di luar. Harga bahan makanan yang meningkat membuat harga makanan di restoran juga naik, jadi pengeluaran pasti lebih banyak.

Tips: Atur jadwal berbuka puasa dengan baik dan usahakan untuk berbuka puasa dan memilih menu makanan di luar sesuai dengan bujet anda. Bawa sendiri minuman air putih anda agar lebih hemat. 

4. Bawa Bekal Dari Rumah

Ketika pekerjaan memaksa anda untuk bekerja lembur sehingga tidak bisa berbuka puasa di rumah, bawalah bekal dari rumah. Membawa bekal akan membuat anda tidak pergi buka puasa di restoran atau tempat makan lainnya. Sudah pasti harga makanan di restoran atau tempat makan akan lebih mahal dibandingkan jika anda membawa bekal dari rumah.

Tips:  Bawalah menu bekal untuk berbuka puasa yang tidak mudah basi, dan snack berbuka seperti buah kurma atau buah-buahan segar lainnya.

5. Membeli Makanan Jadi

Memasak makanan sendiri bisa jadi lebih murah untuk anda yang memasak dalam jumlah cukup besar, seperti untuk satu keluarga. Tapi jika anda hanya memasak untuk diri sendiri, biaya yang anda keluarkan untuk memasak akan jadi lebih mahal loh. Biaya untuk gas, minyak, listrik, dan bahan pokok makanan yang melonjak akan semakin menambah pengeluaranmu, lebih baik belilah makanan langsung jadi di pasar dalam jumlah yang sedikit hanya untuk dirimu sendiri. Dijamin harganya akan lebih murah dan anda bisa lebih hemat.

Tips: Membeli makanan jadi untuk sahur maupun berbuka memang lebih praktis, tapi jangan lupa pilih penjual makanan yang juga memperhatikan kebersihan. Biar lebih hemat, anda juga bisa membeli lauk-pauk dan sayur-mayur saja, untuk nasinya bisa memasak sendiri. 

6. Membuat Kue Lebaran Sendiri

Harga bahan makanan yang naik sering menjadi alasan bagi penjual kue lebaran untuk melipat gandakan harga jual kuenya. Tentu saja anda akan sebagai konsumen akan sangat dirugikan, karena untuk harga satu bungkus kue saja anda harus membayar harga bahan pokok yang meningkat ditambah dengan keuntungan dari penjual. Jadi mengapa anda tidak membuatnya sendiri saja? Jadi anda hanya perlu membayar harga bahan pokoknya saja. Lebih hemat bukan?

Tips: Biar hemat, beli bahan-bahan kue dalam jumlah besar, dan buatlah variasi kue-kue lebaran dari bahan-bahan yang sama. Bagi anda yang tidak bisa membuat kue, bisa juga belajar via internet, membuat kue sendiri bisa menjadi hal yang menyenangkan dan tentunya menghemat.

Selalu Ingat Untuk Berhemat

 

Lakukan puasa dengan niatan yang baik, jalankan ibadah puasa ini dengan menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dan tentunya belajar buat mengendalikan keuangan dari hal-hal yang membuat kita gampang boros. Selalu ingat kebiasaan baik yang sudah anda lakukan selama ini agar keuangan selalu terjaga dan stabil setelah bulan Ramadan berlalu. Jadikan puasa anda penuh hikmah dan lebih bermakna.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz