8 tips atur keuangan jelang lebaran

23 Juni 2017 12:54 WIB

Kebutuhan menjelang Lebaran biasanya akan semakin bertambah. Apalagi ketika anda merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. Belum lagi keinginan membeli pakaian baru untuk Lebaran. Selain itu, anda juga harus memikirkan sederet keperluan lain seperti makanan untuk menyambut tamu yang berkunjung. 

Semua itu pasti membutuhkan banyak dana. Sementara, uang yang masuk mungkin hanya berasal dari dua sumber, Gaji dan THR. Nah, dengan banyaknya kebutuhan ini, bisa-bisa anda justru jadi sangat boros saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Karena itu, perlu adanya perencanaan keuangan untuk Lebaran.

Yuk simak tips berikut agar Lebaran anda nyaman dan dompet aman.

1. Uang THR yang anda dapatkan jangan sampai habis. Bagi-bagi menjadi beberapa kelompok. Untuk belanja baju baru, belanja hidangan lebaran, tabungan, dan juga uang jaga-jaga. Jangan sampai anda menghabiskan THR tanpa ada perencanaan.

2. Melihat diskon jangan seperti melihat oase di padang pasir. Kadang, barang yang kena potongan harga adalah stok lama. Pastikan anda tidak menyesal setelah membeli barang tersebut. Karena, kadang anda baru sadar kalau membeli beberapa produk itu tak terlalu berguna. Hal inilah yang kadang membuatmu sangat boros menjelang Lebaran.

3. Salah satu cara merayakan Idul Fitri adalah dengan mudik atau pulang kampung. Anda dan keluarga yang merantau biasanya memutuskan untuk berlebaran di kampung halaman. Nah, ongkos untuk pulang kampung itu tidak murah. Jadi, sebaiknya anda sudah menyiapkan anggaran untuk mudik dari jauh-jauh hari.

4. Saat mudik, jangan sampai anda sakit atau kondisimu drop. Apa hubungannya dengan boros? Ketika anda sakit, anda akan membutuhkan lebih banyak asupan makanan yang bergizi. Anda juga harus mengeluarkan uang lebih untuk obat, bahkan dokter jika sakitnya parah. Jadi, penting untuk selalu menjaga kesehatan ya Womanblitzer.

5. Kalau anda mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan anda sudah memesan tiket dari jauh-jauh hari. Karena, semakin dekat dari hari Lebaran, akan semakin mahal harga tiket.

6. Urusan hidangan lebaran, pastikan hidangan lebaran cukup dan tidak berlebihan di rumah anda. Tips: manfaatkan bingkisan yang mungkin anda terima dari kantor atau kolega, hitung jumlah tamu yang akan datang ke rumah anda dan sesuaikan menunya.

7. Jika anda berniat untuk memberikan parcel atau amplop, tentu bulan Ramadhan anda akan semakin menyenangkan. Namun perlu diingat, jangan sampai justru anda yang kekurangan. Kemas bingkisan sesuai kemampuan anda dengan ornamen unik dan berkesan bagi penerima.

 

8. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk zakat. Anda memang memiliki banyak keperluan dan kebutuhan. Tapi zakat harus tetap jalan. Selain zakat, anda juga harus memikirkan infak dan sedekah (ZIS). Pastikan ketiganya sudah masuk dalam perencanaan anggaran Lebaran.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz