8 Kopi Asli Indonesia yang Dikenal Dunia

9 Juli 2018 12:34 WIB

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Baik laki-laki maupun perempuan banyak yang menikmati minuman berwarna hitam yang memiliki sensasi kombinasi rasa pahit dan asam ini. Tak hanya itu, Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Pada tahun 2016, Indonesia menduduki posisi ke empat sebagai negara dengan penghasil kopi terbesar di dunia. Kekayaan kopi Indonesia yang memiliki rasa khas membuat banyak kopi asli Indonesia yang berhasil menjadi primadona masyarakat dunia. Berikut kopi asli Indonesia yang telah mendunia.

 

Kopi Toraja

 

Kopi Toraja adalah kopi asli Indonesia yang paling terkenal. Kopi yang berasal dari Tana Toraja ini tak hanya dikenal di Indonesia namun juga seluruh dunia. Kekhasan dari kopi Toraja adalah rasa yang tidak terlalu pahit dan memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah. Kopi Toraja masih bisa dinikmati oleh pecinta kopi jenis arabika maupun robusta. Para perempuan yang menyiukai kopi yang tidak terlalu pekat dapat mencoba kopi Toraja ini.

 

Kopi Aceh

 

Salah satu daerah penghasil kopi terkenal di Indonesia adalah Aceh. Aceh memiliki beberapa varian kopi namun yang paling terkenal adalah kopi Aceh Gayo. Kopi yang asli dataran tinggi Gayo yang berada di ketinggian sekitar 1.200 – 1.7000 Mdpl. Kopi Aceh cocok untuk penikmat kopi arabika karena memiliki rasa khas yang earthy seperti rempah-rempah.

 

Kopi Sumatera

Kopi asal Sumatera juga menjadi kopi asli Indonesia yang terkenal di Indonesia. Jenis kopi Sumatera yang terkenal diantaranya kopi Mandailing dan Lintong. Ciri khas dari kopi Sumatera adalah rasa kopi yang lebih halus dengan rasa kakao atau tembakau. Perempuan yang menyukai rasa kopi yang halus dengan sedikit asam dapat mencoba kopi Sumatera ini.

 

Kopi Jawa Barat

 

Walaupun kepopuleran kopi Jawa Barat belum sebanding dengan tiga kopi yang disebutkan sebelumnya, namun rasa kopi asli Jawa Barat ini dapat menandingi rasa kopi Toraja, Aceh dan Sumatera. Kekhasan dari kopi Jawa Barat adalah kopi yang memiliki rasa fruity yang lebih manis . saat ini, kopi Jawa Barat sedang diminati dan dicari banyak penikmat kopi. Kabarnya, rasa kopi asal Jawa Barat ini dapat menyaingi kopi asal Afrika dan Ethiopia.

 

Kopi Flores

 

Kopi asli Flores ini memilik rasa medium yang tidak terlalu pahit maupun asam. Salah satu jenis kopi Flores yang terkenal adalah kopi Flores Bajawa. Kekhasan dari kopi ini adalah aroma fruity dan sedikit aroma tembakau pada after tastenya. Kopi Flores sangat cocok untuk dinikmati perempuan yang tidak terlalu suka kopi yang pekat dengan aroma fruity yang segar. 

 

Kopi Bali

 

Selain alam dan keindahannya yang dikenal di dunia, Bali juga terkenal menjadi salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia yang memiliki cita rasa yang unik. Kebanyakan kopi Bali memiliki cita rasa buah-buahan yang cenderung lebih asam dan terasa lebih segar. Para penikmat kopi menikmatin kopi Bali karena rasanya yang cenderung lebih lembut dan lebih ringan.

 

Kopi Papua

 

Kopi yang berasal dari daerah ujung timur Indonesia ini menjadi jawara dalam keberagaman kopi asli Indonesia yang terkenal di dunia. Kopi Papua Wamena terkenal dengan cita rasa yang ringan dan memiliki keharuman yang kuat yang disukai para penikmat kopi. Kualitas kopi papua tak kalah denga kopi Sumatera dan Jawa yang memiliki rasa kopi yang lebih ringan dan lembut.

 

Kopi Luwak

 

Kopi Luwak telah menjadi primadona bagi para pecinta kopi di seluruh belahan dunia. Kekhasan kopi luwak yang memiliki rasa ringan dengan sentuhan rasa fruity dan sedikit rempah-rempah dapat memanjakan lidah pecinta kopi di seluruh dunia. Kopi luwak juga memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Proses pengolaha kopi luwak yang panjang dan unik menjadikan kopi ini memiliki harga yang sangat tinggi dan susah untuk dicari.

 


(Photos source: Dokumentasi Internet)

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz