5 Bahan Alami Untuk Bantu Kecilkan Pori-Pori Wajah

17 September 2018 11:28 WIB

 

Masalah pori-pori besar di wajah dapat terjadi karena faktor genetik, minyak yang berlebih, terlalu banyak terpapar sinar matahari hingga polusi. Membesarnya pori-pori di wajah dapat menjadi masalah serius yang dapat menganggu penampilan. Berikut lima bahan alami untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah yang dapat dicoba.

 

1. Tomat

 

Buah tomat kaya akan kandungan vitamin C dan asam amino yang dapat membantu mengecilkan pori-pori. Menggunakan buah tomat sebagai bahan dasar masker dapat dicoba untuk membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Pertama, persiapkan dua buah tomat bersihkan lalu tumbuh hingga halus. Kemudian aplikasikan pada wajah seperti menggunakan masker dan tunggu selama 15 menit. Lalu, bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.

 

2. Putih Telur dan Lemon

 

Putih telur berkhasiat untuk mengencangkan kulit sekaligus mengecilkan pori-pori karena kandungan protein dan sumber mikronutriennya. Sama halnya buah lemon yang mengandung vitamin C tinggi sekaligus kaya akan anti oksidan. Untuk mengecilkan pori-pori cukup dengan mengocok dua butir telur dan dicampur dengan ar perasan jeruk nipis. Lalu, oleskan ke seluruh area wajah dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.

 

3. Madu

 

Selain bermanfaat untuk menghaluskan kulit, madu juga dapat membantu masalah kulit lain seperti mengecilkan pori-pori. Madu yang banyak memiliki kandungan nutrisi membantu membersihkan bakteri dari kulit wajah. Cara mengaplikasikan madu pun sangat mudah hanya dengan mengoleskan madu keseluruh wajah. Tunggu hingga mengering lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

 

4. Es Batu

 

Suhu es batu yang lebih rendah dapat membantu untuk membuat kulit wajah lebih rileks sehingga pori-pori mengecil sekaligus mencegah pori-pori membesar akibat suhu udara yang panas dan lembab. Untuk mengecilkan pori-pori menggunakan es batu dapat dilakukan dengan cara memijat area wajah menggunakan es batu yang dibungkus kain bersih selama 15 hingga 25 menit. Dapat juga dengan merendam wajah dengan air yang sudah dicampur dengan es batu.

 

5. Clay Mask

 

Saat ini ada banyak jenis clay yang terkenal seperti green clay, fuller’s earth, bentonite clay dan white clay. Jenis fuller’s earth clay diyakini paling ampuh dalam membantu untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah karena dapat mengangkat kotoran dan minyak pada kulit secara maksimal. Cukup campurkan fuller’s earth clay dengan air mawar hingga seperti pasta lalu oleskan ke area wajah seperti menggunakan masker. Tunggu sampai clay mengering lalu bilas menggunakan air dingin.

 

 

(Pictures source: Dokumentasi Internet)

 

 



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz