12 Pesohor yang dikenal dengan karya kemanusiaannya (bagian 2)

9 Januari 2018 17:33 WIB

Kegiatan amal telah lama mengandalkan wajah-wajah terkenal  untuk membantu mempromosikan tujuan kegiatan mereka. Banyak yang mengatakan ketika para selebritis ini melakukan kegiatan amal adalah untuk pencitraan, dan alasan-alasan lainnya. Namun, tidak semuanya seperti itu. beberapa bintang papan atas ini banyak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kemanusiaan, lebih banyak daripada kehadiran mereka di charity night dan sebagainya. Bisa dikatakan, bagi para pesohor ini, mereka menggunakan nama tenar mereka untuk tujuan yang baik. Mereka memahami bahwa ketenaran mereka bisa membantu orang lain untuk hidupnya lebih baik bahkan bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan politik untuk tujuan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa pesohor, walau belum semuanya, yang dikenal banyak melakukan kegiatan amal tanpa pamrih dan bahkan dikenal sebagai aktivis.

 

George Clooney

George Clooney dikenal dengan berbagai kegiatan humaniarism-nya. Bersama rekan-rekannya di film Ocean 11, Brad Pitt, Don Cheadle dan Jerry Weintraub, dia mendirikan Not On Our Watch, sebuah organisasi dengan project untuk menghentikan genosida di Sudan. Bahkan Clooney pernah mengunjungi Sudan untuk bertemu sendiri dengan para pengungsi dan korban kekerasan di Negara itu. Bahkan anti-war activism ini pernah ditangkap Polisi saat melakukan demonstrasi di depan Kedutaan Besar Sudan di Washington DC pada tahun 2012. Saat itu Clooney memprotes perang yang terjadi di Darfur yang dianggapnya sebagai “worst humanitarian crisis in the world.” Pernah membuat sebuah private after party setelah rilis Ocean 13, untuk mengumpulkan dana bagi sebuah badan amal yang bergerak untuk meretas kemiskinan. Sejak tahun 2008, Clooney diangkat menjadi United Nations Messengers of Peace.

 

 

Leonardo DiCaprio

Dikenal sebagai United Nation Messenger of Peace for climate change dan environmentalist, Leonardo aktif dalam Wildlife Conservatory Society dan organisasinya sendiri, The Leonardo DiCaprio Foundation. Organisasinya ini berdiri untuk mendukung perlindungan terhadap hutan dan kehidupan satwa liar di seluruh dunia, selain itu juga mencari dana untuk konservasi laut dan hutan, serta perubahan iklim.  Pada Juni 2014, Badan amalnya ini menyumbangkan 7 Juta US dolar untuk konservasi kelautan. Selain itu, Leo juga pernah mengadakan acara pengumulan dana yang menghasilkan lebih dari 25 juta dolar untuk tujuan yang sama. Selain itu, Leonardo termasuk salah satu pesohor yang memilih mobil yang lebih eco-friendly dalam kegiatannya sehari-hari. Dan sering memproduksi film-film yang berhubungan dengan lingkungan, seperti “The 11th Hour.”

 

Mark Ruffalo

Mark Ruffalo dikenal sebagai aktivis environmentalis dan sangat aktif melakukan kampanye untuk bumi lebih hijau. Mendukung organisasi non-profit Water Defense pada tahun 2011 di New York. Organisasi ini mendedikasikan aktivitas mereka untuk air yang bersih dengan memberi informasi kepada publik tentang penyebab polusi air, bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam air yang mereka gunakan dan sebagainya. Selain itu dia juga mendirikan ‘The Solution project’untuk mengkampanyekan 100% energy yang bisa diperbarui. Mark pernah mendapat penghargaan The Humanitarian Award saat BAFTA Los Angeles Britania Awards untuk karyanya di organisasi yang disupportnya, Water Defense.

 

 

Emma Watson

Pemeran Hermione dalam film Harry Potter ini juga dikenal sebagai aktivis kemanusiaan. Sejak 2014, Emma menjadi salah satu artis Goodwill Ambassador untuk badan PBB untuk urusan perempuan. Selain itu, dia aktif mendukung kampanye “HeForShe”. Sebuah inisiatif mengajak kaum lelaki untuk mengadvokasi hak dan kesempatan yang setara bagi laki-laki dan perempuan dan membuat mereka merasa nyaman untuk menyebut dirinya feminis. “Saya menyadari bahwa berjuang untuk hak-hak perempuan sering disamakan dengan benci lelaki. (Sehingga) satu hal yang saya tahu pasti, bahwa hal itu harus dihentikan.”

Sebagai bagian dari upaya kemanusiaan dan keterlibatannya dalam mempromosikan pendidikan anak perempuan, British Artist of The Year 2014 ini mengunjungi Bangladesh dan Zambia. Selain itu, Emma juga mempromosikan pakaian organik dan menjabat sebagai duta untuk Camfed International, sebuah gerakan untuk mendidik anak perempuan di pedesaan Afrika.

 

Amerika Ferrera

Ferrera menggunakan status pesohornya untuk berani berbicara tentang hal-hal yang dia pegang teguh, seperti masalah imigrasi, kesetaraan dan kesejahteraan anak-anak. Pernah menjabat sebagai duta Save The Children, Ferrera pernah pergi ke India untuk pembuatan film dokumenter “Half The Sky : Mengubah Penindasan menajdi Peluang untuk para Wanita di seluruh penjuru dunia", yang diproduksi oleh PBS pada tahun 2012. Dalam prosesnya, bertemu dengan anak-anak yang menjadi pelacur dan membawa perhatian pada kehancuran yang disebabkan oleh perdagangan seks. Selain itu, Ferrera pernah berbicara saat Women’s March di Washington D.C. Maret 2017 lalu.

 

Lady Gaga

Penyanyi lagu Poker Face ini dikenal sebagai Philanthropis. Gaga bermitra dengan Virgin Mobile untuk tur nasional Monster Ball-nya, dan menawarkan tiket VIP premium kepada penggemarnya yang secara sukarela mau meluangkan waktu mereka untuk organisasi pemuda tunawisma, dan mengumpulkan lebih dari 80.000 US Dollar untuk mendukung tunawisma, dan menghasilkan 30.000 jam layanan masyarakat untuk ratusan badan amal di seluruh negara. Gaga juga menjadi salah satu pendukung Re*Generation, organisasi untuk anak-anak muda yang homeless. Gaga juga terkenal sangat pro-aktif dalam meningkatkan awareness para remaja perempuan tentang bahaya HIV/AIDS, dan sangat vocal membela hak kaum LGBT dan aktif dalam anti-bullying movement.



Gabung Milis

Daftarkan diri Anda dan dapatkan update terbaru dari WomanBlitz